Minggu , 25 Juni 2017

Home » Solo Metro » Jelang Lebaran, Makanan Tak Layak Konsumsi Beredar

Jelang Lebaran, Makanan Tak Layak Konsumsi Beredar

20 Juni 2017 4:55 WIB Category: Solo Metro Dikunjungi: kali A+ / A-
Foto: Istimewa

Foto: Istimewa

SOLO, suaramerdeka.com – Menjelang Lebaran, berbagai makanan tak layak konsumsi beredar di Solo. Hal ini diketahui saat tim gabungan Pemkot Surakarta dan aparat kepolisian menggelar inspeksi mendadak (sidak) di sejumlah lokasi, Senin (19/6).

Di sebuah distributor makanan ringan yang terletak di Serengan, tim mendapati ratusan makanan dan minuman kadaluarsa dari berbagai merek. “Beberapa produk kami musnahkan karena telah expired. Sementara sisanya akan dikembalikan distributor ke pemasok,” terang Kasi Farmasi Makanan Minuman dan Perbekalan Kesehatan Dinas Kesehatan Kota (DKK), Anom Yuliansyah, usai sidak.

Adapun di sebuah pasar tradisional, ditemukan kerupuk singkong aneka warna yang juga tidak layak dikonsumsi. “Setelah diteliti, kerupuk itu positif mengandung Rhodamin B, yang biasa digunakan sebagai bahan pewarna tekstil. Kami sudah menginstruksikan agar makanan itu tidak dijual kepada konsumen. Pengelola pasar juga telah diminta untuk membina pedagang, agar hal ini tidak terulang kembali.”

Anggota tim juga menyasar dua ritel modern guna mengecek kelayakan edar sejumlah produk. Namun di kedua lokasi tersebut tidak ditemukan barang-barang yang dimaksud.

“Kami juga ingin memastikan bahwa Mi Samyang yang direkomendasikan Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) untuk ditarik, tidak beredar. Tapi ternyata varian yang dinyatakan tidak layak konsumsi itu dijual di kedua lokasi itu,” urai Anom.

Menurut Anom, sidak digelar guna memastikan kualitas makanan di Solo tetap terjaga, selama Ramadan dan menjelang Lebaran. “Momentum-momentum seperti ini biasanya pasokan makanan dan tingkat konsumsi bertambah. Makanya kami ingin mengantisipasi adanya makanan-makanan yang tidak layak konsumsi,” tegas dia.

(Agustinus Ariawan/CN39/SM Network)

Jelang Lebaran, Makanan Tak Layak Konsumsi Beredar Reviewed by on . [caption id="attachment_1058753" align="alignnone" width="400"] Foto: Istimewa[/caption] SOLO, suaramerdeka.com - Menjelang Lebaran, berbagai makanan tak layak [caption id="attachment_1058753" align="alignnone" width="400"] Foto: Istimewa[/caption] SOLO, suaramerdeka.com - Menjelang Lebaran, berbagai makanan tak layak Rating: 0