Senin , 1 Mei 2017

Home » Solo Metro » IAI Klaten Keluhkan Perizinan

IAI Klaten Keluhkan Perizinan

20 Maret 2017 1:47 WIB Category: Solo Metro Dikunjungi: kali A+ / A-
Foto: Istimewa

Foto: Istimewa

KLATEN, suaramerdeka.com – Macetnya perizinan baku di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PM dan PTSP) Pemkab Klaten semakin runyam. Beberapa asosiasi dan organisasi profesi mulai panen aduan anggotanya.

Ketua Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Kabupaten Klaten, Rina Ernamawati mengatakan macetnya perizinan yang sampai kapan tidak jelas sangat merugikan. ” Banyak aduan disampaikan anggota,” katanya. Minggu (19/3).

Dikatakannya, untuk proses perizinan apotek baru macet sebab harus punya izin mendirikan bangunan (IMB) dan izin gangguan (HO). Semua izin dasar itu melalui Kantor Pelayanan Terpadu yang sekarang berubah nama menjadi Dinas Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PM dan PTSP).

Meskipun mayoritas pemilik apotek mengontrak lokasi tetapi harus membuat izin HO. Tidak hanya apotek baru, apotek lama yang izin HO habis pun harus memperpanjang. Jika perizinan HO di Dinas macet, maka apotek tidak ada izin HO sehingga tidak bisa order barang.

Demikian jika ada pergantian apoteker atau ada apoteker baru harus memiliki surat izin apoteker (SIA). Apabila SIA tidak bisa didapatkan maka apotek kerepotan. IAI berharap segera ada solusi dan tidak berlarut.

Anggota Bidang Hubungan Kelembagaan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Klaten, dokter Hari Subagyo mengatakan yang menjadi persoalan jika akan mendirikan klinik. ” Kalau untuk surat izin praktek (SIP) pribadi lancar sebab di Dinas Kesehatan diberikan izin sementara,” jelasnya.

Anggota Komisi I Bidang Pemerintahan DPRD Klaten, Yudi B Prabawa mengatakan Plt memiliki kewenangan terbatas. Baik mengacu UU 23/ 2014 tentang Pemerintahan Daerah atau Permendagri 74/ 2016. Pada pasal 9 Permendagri wewenang Plt tidak secara eksplisit terkait perizinan sehingga masalah yang terjadi merupakan masalah kolektif. ” Ini masalah pusat, gubernur dan daerah,” tegasnya.

(Achmad Hussain/ CN34/ SM Network)

IAI Klaten Keluhkan Perizinan Reviewed by on . [caption id="attachment_35922" align="alignnone" width="400"] Foto: Istimewa[/caption] KLATEN, suaramerdeka.com - Macetnya perizinan baku di Dinas Penanaman Mod [caption id="attachment_35922" align="alignnone" width="400"] Foto: Istimewa[/caption] KLATEN, suaramerdeka.com - Macetnya perizinan baku di Dinas Penanaman Mod Rating: 0