Minggu , 26 Maret 2017

Home » Suara Banyumas » Hujan Sering Turun Membuat Pengeringan Padi Lebih Lama

Hujan Sering Turun Membuat Pengeringan Padi Lebih Lama

19 Maret 2017 21:48 WIB Category: Suara Banyumas Dikunjungi: kali A+ / A-
PANAS MATAHARI: Sejumlah petani di Kecamatan Karangpucung, Cilacap, menjemur padi di tepi jalur selatan Jawa. Petani di wilayah itu, umumnya mengandalkan panas matahari dalam proses pengeringan padi. (suaramerdeka.com/Teguh Hidayat Akbar)

PANAS MATAHARI: Sejumlah petani di Kecamatan Karangpucung, Cilacap, menjemur padi di tepi jalur selatan Jawa. Petani di wilayah itu, umumnya mengandalkan panas matahari dalam proses pengeringan padi. (suaramerdeka.com/Teguh Hidayat Akbar)

CILACAP, suaramerdeka.com – Musim panen yang tiba di tengah musim hujan, menimbulkan kendala dalam proses pengeringan padi. Pada proses itu, petani membutuhkan waktu lebih lama. Karena kerap diguyur hujan.

Seorang petani di Desa Karangpucung, Kecamatan Karangpucung, Rahimah (56) menceritakan, proses pengeringan padi saat ini, berkisar lima hari sampai satu pekan. Hal itu berbeda dengan proses pengeringan padi, saat panen berlangsung pada musim kemarau.

Saat musim kemarau, proses pengeringan padi membutuhkan waktu sekitar dua sampai tiga hari. Karena pada saat-saat seperti itu, umumnya tidak turun hujan.

“Pengeringan padi di sini (Karangpucung) umumnya mengandalkan panas matahari. Sehingga ketika hujan turun, proses pengeringannya jadi terhambat,” katanya, Minggu (19/3).

Hal senada dikatakan Ratno (48), petani lainnya. Panen padi yang tiba pada musim hujan seperti ini, mengalami kendala dalam proses pengeringan. Sebab dalam kesehariannya, hujan masih sering mengguyur.

“Untuk proses pengeringan padi dengan cara dijemur, tetap bisa dilakukan. Tapi karena sering turun hujan, jadi prosesnya lebih lama,” kata dia.

Penyuluh Pertanian Kecamatan Karangpucung, Wasiran mengakui, proses pengeringan padi di musim hujan seperti ini, prosesnya lebih lama, ketimbang saat kemarau. Sebab mayoritas, pengeringan padi di wilayahnya mengandalkan panas matahari. Menurut dia, kondisi itu sudah sering terjadi, saat panen di tengah musim hujan.

“Tahun lalu juga seperti itu,” kata dia.
(Teguh Hidayat Akbar/CN40/SM Network)

Hujan Sering Turun Membuat Pengeringan Padi Lebih Lama Reviewed by on . [caption id="attachment_980904" align="alignnone" width="400"] PANAS MATAHARI: Sejumlah petani di Kecamatan Karangpucung, Cilacap, menjemur padi di tepi jalur s [caption id="attachment_980904" align="alignnone" width="400"] PANAS MATAHARI: Sejumlah petani di Kecamatan Karangpucung, Cilacap, menjemur padi di tepi jalur s Rating: 0