Minggu , 26 Maret 2017

Home » Suara Kedu » Hadapi UN, 266 Siswa Spemuda Jalani Hypnomotivasi

Hadapi UN, 266 Siswa Spemuda Jalani Hypnomotivasi

20 Maret 2017 3:59 WIB Category: Suara Kedu Dikunjungi: kali A+ / A-
HYPNOMOTIVASI: Motivator handal dari Golden Brain Hypnosis Indonesia Sarju SPd CHt CI memberikan sugesti kepada ratusan siswa kelas 9 SMP Muhammadiyah Kebumen yang direlaksasi saat hipno motivasi di Gedung Dakwah Muhammadiyah, Kebumen, Sabtu (18/3). (suaramerdeka.com/Supriyanto)

HYPNOMOTIVASI: Motivator handal dari Golden Brain Hypnosis Indonesia Sarju SPd CHt CI memberikan sugesti kepada ratusan siswa kelas 9 SMP Muhammadiyah Kebumen yang direlaksasi saat hipno motivasi di Gedung Dakwah Muhammadiyah, Kebumen, Sabtu (18/3). (suaramerdeka.com/Supriyanto)

KEBUMENsuaramerdeka.com – Berbagai macam cara ditempuh oleh siswa, guru dan orang tua dalam menghadapi Ujian Nasional (UN). Bagaimana tidak, UN merupakan salah satu faktor penentu kelulusan bagi siwa yang telah menduduki jenjang terakhir pendidikan.

Mulai dari belajar kelompok, les privat, mujahadah bersama dan pemberian motivasi dengan menghadirkan motivator-motivator handal dilakukan. Salah satunya dilakukan oleh SMP Muhammadiyah 2 Kebumen yang menggelar hypnomotivasi yang menghadirkan motivator handal dari Golden Brain Hypnosis Indonesia Sarju SPd CHt CI.

Acara yang berlangsung mulai pukul 08.00-12.00 di Gedung Dakwah Muhammadiyah Jalan Indrakila, kemarin, diikuti sebanyak 266 peserta didik kelas 9. Motivator, trainer hypnosis dan hypnotherapis yang sehari-hari menjadi guru bimbingan dan konseling SMP Negeri 2 Puring Kebumen itu memberikan motivasi dengan metode hypnosis.

Dalam acara yang dibuka oleh Kepala SMP Muhammadiyah 2 (Spemuda) Kebumen Imam Romzan Faozi SThI, Sarju yang merupakan penulis buku “Bimbingan dan Konseling Plus Hypnoterapi” beraksi dengan dengan melakukan psykoterapy pemberdayaan diri yang disebutnya dengan hypnomotivasi.

Para peserta didik direlaksasi dengan cara menurunkan gelombang otaknya dari beta menjadi alfa/theta sehingga menjadi sangat focus. Setelah seluruh peserta didik masuk dalam gelombang otak alfa/theta Sarju membacakan skrip yang disebutnya dengan sugesti.

Sugesti tersebut berisinya mengingatkan kembali para peserta didik tentang kejadian-kejadian yang telah dialaminya di masa lalu yang kurang berdaya guna dan menghambat perkembangan dan cita-citanya dengan membayangkan seolah-olah sedang menonton film tentang dirinya dari sejak dalam kandungan hingga masa sekarang dan juga gambaran masa depanya. Tampak ratusan murid menangis tersedu-sedu saat diingatkan perilaku yang negatif di masa lalunya.

Proses selanjutnya menggunakan kompetensi dari bawah sadar untuk memberikan hikmah atau pembelajaran yang berguna dari pengalaman masa lalunya. Setelah mendapatkan hikmah tersebut, kemudian re-edukasi atau re-program pikiran bawah sadar dengan memasukan sugesti yang positif dan berdaya guna. Berikutnya adalah melakukan integrasi re-edukasi tersebut dengan kondisi di masa kini dan masa depan.

Inovasi Baru

Ditemui usai acara, Sarju menuturkan bahwa kegiatan hypnomotivasi juga sering dilakukan di tempat tugasnya yaitu SMP 2 Puring dalam memberikan pelayan konseling kepada para peserta didiknya. Lebih lanjut Sarju menjelaskan bahwa bimbingan dan konseling yang dilakukan disebutnya dengan istilah bimbingan dan konseling plus hypnoterapy.

“Ini merupakan inovasi baru dalam dunia bimbingan dan konseling di sekolah yang mengkolaborasikan antara pendekatan konseling dengan hypnoterapy sebagai suatu psykoterapy yang berdaya guna untuk membimbing dan mengentaskan masalah peserta didik,” ujar Sarju kepada Suara Merdeka.

Kepala SMP Muhammadiyah 2 Kebumen Imam Romzan Faozi menjelaskan, bahwa pihaknya sudah dua kali ini memang sengaja mengundang Sarju dengan alasan bahwa Sarju dianggap memiliki kemampuan yang berbeda dengan motivator-motivator lain yang biasanya hanya mengandalkan presentasi saja.

Selain presentasinya yang sangat luar biasa dalam memberi motivasi dan pencerahan kepada seluruh peserta juga kemudian menindaklanjutinya dengan menanamkan pesan-pesannya tersebut melalui psykoterapai atau hypnomotivasi.

“Harapan kami semoga setelah acara ini para peserta didik kami benar-bener mengalami perubahan diri, utamanya menjadi rajin belajar,” ujarnya.

(Supriyanto/CN39/SM Network)

Hadapi UN, 266 Siswa Spemuda Jalani Hypnomotivasi Reviewed by on . [caption id="attachment_981418" align="alignnone" width="362"] HYPNOMOTIVASI: Motivator handal dari Golden Brain Hypnosis Indonesia Sarju SPd CHt CI memberikan [caption id="attachment_981418" align="alignnone" width="362"] HYPNOMOTIVASI: Motivator handal dari Golden Brain Hypnosis Indonesia Sarju SPd CHt CI memberikan Rating: 0