Selasa , 27 Juni 2017

Home » Suara Banyumas » Guru Harus Dorong Siswa agar Punya Semangat Belajar

Guru Harus Dorong Siswa agar Punya Semangat Belajar

20 Maret 2017 9:53 WIB Category: Suara Banyumas Dikunjungi: kali A+ / A-
Foto: Istimewa

Foto: Istimewa

PURWOKERTO, suaramerdeka.com – Keberadaan sekolah swasta dan sekolah pinggiran di Kabupaten Banyumas, saat ini terus didorong agar mampu meningkatkan prestasi, sehingga mampu bersaing dengan sekolah negeri favorit.

Dalam berbagai ajang perlombaan peserta didik, khususnya dalam lomba bidang akademik, sekolah swasta cenderung kalah bersaing dengan sekolah negeri, terutama sekolah-sekolah yang selama ini difavoritkan.

Kasi Pengendalian Mutu Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas, Taufik Widjatmoko mengungkapkan, salah satu kunci dalam meningkatkan prestasi peserta didik adalah kemampuan guru dalam memberikan motivasi dan pembinaan terhadap anak didik. Pada dasarnya seluruh siswa, baik yang belajar di sekolah negeri maupun sekolah swasta memiliki potensi yang sama untuk bisa berkembang dan berprestasi.

Hanya persoalannya, selama ini peran dari masing-masing pihak sekolah, terutama guru dalam mendorong siswanya untuk memiliki semangat belajar cenderung berbeda-beda.

”Kalangan guru di sekolah swasta dan sekolah pinggiran harus senantiasa memberikan dorongan kepada anak didik agar memiliki semangat yang kuat untuk terus belajar. Tidak kalah pentingnya, pembinaan terhadap mereka sangat diperlukan agar mampu bersaing, bahkan bisa berprestasi baik di bidang akademik dan non akademik,” terangnya di sela-sela lomba Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tingkat Kabupaten Banyumas.

Dia memberikan contoh, dalam ajang OSN yang digelar selama ini, peserta didik dari sekolah-sekolah favorit seringkali masih unggul. Kendati demikian, diakui ada sejumlah sekolah swasta maupun sekolah pinggiran yang mampu meraih juara dalam ajang tersebut, tetapi bila dibandingkan dengan sekolah negeri favorit di wilayah kota masih kalah.

”Untuk lomba mata pelajaran yang difavoritkan dalam OSN, seperti matematika dan IPA, selama ini juaranya cenderung masih diraih oleh peserta dari sekolah negeri di wilayah kota,” kata dia.

Dia menambahkan, saat ini tingkat persaingan antarsekolah, terutama persaingan dalam hal yang positif sudah tidak bisa terelakan. Oleh karena itu, masing-masing sekolah harus berupaya meningkatkan prestasi. Apalagi dengan adanya prestasi, maka hal tersebut akan menjadi nilai positif bagi sekolah tersebut, terutama pada saat penerimaan peserta didik baru.

Selain itu, lanjut Taufik, hampir seluruh sekolah saat ini sudah memiliki sarana dan prasarana pendukung kegiatan pembelajaran yang memadai. Bahkan keberadaan jaringan internet, saat ini sudah menjangkau hampir seluruh wilayah di Banyumas. Keberadaannya, semestinya bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk meningkatkan prestasi peserta didik.

(Budi Setyawan/CN19/SMNetwork)

Guru Harus Dorong Siswa agar Punya Semangat Belajar Reviewed by on . [caption id="attachment_270740" align="alignnone" width="400"] Foto: Istimewa[/caption] PURWOKERTO, suaramerdeka.com - Keberadaan sekolah swasta dan sekolah pin [caption id="attachment_270740" align="alignnone" width="400"] Foto: Istimewa[/caption] PURWOKERTO, suaramerdeka.com - Keberadaan sekolah swasta dan sekolah pin Rating: 0