Minggu , 25 Juni 2017

Home » Pulang Kampung 2017 » Gubernur Jateng Jamin Tragedi Brexit Tak Terjadi Tahun ini

Gubernur Jateng Jamin Tragedi Brexit Tak Terjadi Tahun ini

19 Juni 2017 23:58 WIB Category: Pulang Kampung 2017 Dikunjungi: kali A+ / A-
COBA SEPEDA MOTOR: Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo mencoba sepeda motor yang akan diterjunkan dalam mengatur dan mengurai kemacetan di jalur tol Brebes-Pemalang-Gringsing (Batang), usai memimpin apel gelar pasukan operasi Ramadniyah tahun 2017. (suaramerdeka.com/Bayu Setiawan)

COBA SEPEDA MOTOR: Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo mencoba sepeda motor yang akan diterjunkan dalam mengatur dan mengurai kemacetan di jalur tol Brebes-Pemalang-Gringsing (Batang), usai memimpin apel gelar pasukan operasi Ramadniyah tahun 2017. (suaramerdeka.com/Bayu Setiawan)

BREBES, suaramerdeka.com – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, menjamin tragedi di jalan tol Brebes Timur (Brexit) tidak akan terjadi kembali di tahun 2017 ini. Sebab, untuk arus mudik Lebaran tahun ini dijamin akan lebih aman dan nyaman. Apalagi, persiapan pengamanan dan rekayasa lalu lintas untuk menghadapi arus mudik dan balik itu telah dilakukan jauh-jauh hari.

“Saya yakin tidak akan terjadi macet total seperti tahun kemarin di Brebes Exit Timur ini. Sekarang mudik akan lebih aman,” jelas Ganjar Pranowo, usai memimpin gelar pasukan Operasi Ramadniya tahun 2017 di kawasan pintu tol Kaligangsa Brebes, Senin (19/6).

Dia mengatakan, persiapan untuk menghadapi arus mudik dan balik tahun ini telah dilakukan sejak setahun lalu. Bahkan, uji coba telah dilakukan berulang kali, baik terhadap jalur mudik mau pun peralatan yang disiapkan.

“Begitu saya masuk kerja usai libur Lebaran tahun lalu, saya langsung bentuk tim untuk persiapan mudik tahun ini. Uji coba juga sudah dilakukan empat kali saat libur panjang lalu, dan ini yang kelima,” terangnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, persoalan yang terjadi tahun lalu adalah kemacetan parah di Brexit. Tetapi tahun ini jalan tol lebih panjang dan dapat mengurangi kepadatan kendaraan. Yakni, dengan dibukanya tol Brebes-Pemalang-Gringsing (Batang), meski baru secara fungsional. Di sisi lain, di setiap pintu tol juga akan banyak kendaraan yang keluar. Seperti di Tegal, Pemalang, Pekalongan, hingga Gringsing. Hal itu akan banyak menguraikan kepadatan arus lalu lintas di jalan tol.

“Tadi pagi saya cek bersama Kapolda jalur tol yang sedang disiapkan secara fungsional ini, juga perlintasan kereta, pasar tumpah,” ujarnya.

Guna mengatasi kondisi darurat, sambung dia, pihaknya telah menyiapkan lima helikopter. Yakni, berasal dari Basarnas 1 unit, Polri 2 unit dan TNI 2 unit.

“Semua heli ini sudah siaga di sepanjang jalur mudik. Kami juga menyiapkan ambulans, baik roda dua maupun roda dua. Ambulans motor ini disiapkan untuk menolong pemudik yang sakit dan terjebak di tengah kemacetan,” sambungnya.

Sementara Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Condro Kirono menyatakan, arus mudik tahun ini Polda Jawa Tengah menyiapkan 14.565 personel. Jumlah itu  belum termasuk pasukan bantuan dari TNI dan Dinas Perhubungan serta organisasi masyarakat.

“Kita juga menggelar 388 pos pengamanan. Ini berada di jalur pantura dan di dalam jalan tol maupun jalur selatan,” terangnya.
(Bayu Setiawan/CN40/SM Network)

Gubernur Jateng Jamin Tragedi Brexit Tak Terjadi Tahun ini Reviewed by on . [caption id="attachment_1080156" align="alignnone" width="400"] COBA SEPEDA MOTOR: Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo mencoba sepeda motor yang akan diterjunkan da [caption id="attachment_1080156" align="alignnone" width="400"] COBA SEPEDA MOTOR: Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo mencoba sepeda motor yang akan diterjunkan da Rating: 0