Minggu , 25 Juni 2017

Home » Semarang Metro » Fungsional Hari Pertama, Ribuan Kendaraan Keluar Tol Salatiga

Fungsional Hari Pertama, Ribuan Kendaraan Keluar Tol Salatiga

19 Juni 2017 22:10 WIB Category: Semarang Metro Dikunjungi: kali A+ / A-
SIMPANG SUSUN KANDANGAN: Pengguna tol Bawen-Salatiga melintas di simpang susun Kandangan, Bawen, Kabupaten Semarang, Senin (19/6) sore. Puncak arus balik yang melintas tol Bawen-Salatiga diprediksi terjadi pada H-2 Idul Fitri 2017. (suaramerdeka/com/Ranin Agung)

SIMPANG SUSUN KANDANGAN: Pengguna tol Bawen-Salatiga melintas di simpang susun Kandangan, Bawen, Kabupaten Semarang, Senin (19/6) sore. Puncak arus balik yang melintas tol Bawen-Salatiga diprediksi terjadi pada H-2 Idul Fitri 2017. (suaramerdeka/com/Ranin Agung)

SEMARANG, suaramerdeka.com – Sejak difungsionalkan pada H-7 Idul Fitri atau Minggu (18/6) pagi hingga malam hari, tercatat sebanyak 3.409 kendaraan golongan I dan II telah melintas keluar dari gerbang tol Salatiga. Data tersebut dihimpun dari petugas jaga gardu tol PT Trans Marga Jateng (TMJ) gerbang tol Salatiga yang melayani pengguna jalan dengan tiga shift kerja.

Sementara kendaraan golongan I dan II yang masuk menuju gerbang tol Salatiga pada periode yang sama tercatat ada 10.286 unit kendaraan.

“Angka lonjakan kendaraan kami prediksi mulai naik pada H-5 Idul Fitri, puncaknya H-2,” kata Manajer Operasi PT TMJ, Fauzi Abdul Rahman, Senin (19/6) sore.

Ketika disinggung masih ditemukan pengguna tol Bawen-Salatiga yang berhenti di dalam ruas tol untuk berfoto-foto, pihaknya menyatakan hal itu sebenarnya dilarang keras. PT TMJ sudah memasang spanduk imbauan peringatan berhenti di dalam tol. Karena bisa membahayakan sesama pemakai jalan. Agar tidak terjadi kejadian yang tidak diinginkan, pengendara diminta untuk waspada, jaga jarak aman, di samping mematuhi rambu-rambu larangan serta rambu petunjuk.

“Petugas juga sudah menyebar brosur sosialisasi. Jika lelah, dipersilahkan rehat di rest area yang sudah dilengkapi fasilitas pendukung,” jelasnya.

Ada pun cara bertindak untuk menghindari kemacetan panjang di exit tol Salatiga, salah satunya memberlakukan sistem buka tutup mengacu panjang antrean di seputaran Tingkir, Kota Salatiga.

“Jadi mengenai panjang antrean kita sudah ada standar operasional prosedur yang berlaku. Kita ada beberapa cara bertindak rekayasa lalu lintas. Apabila antrean kendaraan yang menuju Tingkir sudah di KM-52, maka kendaraan bakal dialihkan semuanya ke pintu tol Bawen,” paparnya.

Demikian halnya pengalihan ke exit tol Bawen seandainya terjadi antrean hingga satu kilometer, PT TMJ hendak melakukan pengalihan atau mengeluarkan kendaraan melalui pintu tol Ungaran bukan di Bawen maupun di pintu tol Salatiga.

PT TMJ telah menyediakan layanan informasi tol Semarang-Solo ruas Semarang-Salatiga 24 jam. Pengguna jalan bisa mengakses nomor (024) 76911505 dan 081542318217. Selain prediksi puncak mudik pada H-2 Idul Fitri 2017, PT TMJ pun memprediksi puncak arus balik pada H+2. Jika diprosentase, kenaikan arus mudik akan naik sekitar 33 persen dari tahun lalu. Dan arus balik diprediksi naik tiga persen dari periode yang sama tahun lalu.

Terpisah, Kapolres Semarang AKBP Vincentius Thirdy Hadmiarso melalui Kasat Lantas Polres Semarang, AKP Dwi Nugroho mengatakan, petugas pengurai kemacetan sejak kemarin sudah disiagakan di tiga zona. Meliputi zona Ungaran, Tengaran, dan zona Ambarawa.

“Pintu tol Salatiga masuk wilayah sekitar zona Tengaran, di sini kami tempatkan 16 personel. Mereka akan bertanggung jawab terhadap kelancaran arus di Tengaran, Suruh, dan Sruwen,” katanya.

Patroli rutin frekuensinya akan dirapatkan atau diperbanyak. Artinya begitu terjadi kepadaatan arus di suatu tempat diharapkan bisa terdeteksi cepat. Berbicara area jalan tol ruas Bawen-Salatiga yang masuk wilayah hukum Polres Semarang hanya berakhir di KM 49.

Bilamana terjadi sesuatu di setelah KM-49 hingga KM-53, menurut AKP Dwi Nugroho, area itu sudah masuk atau menjadi kewenangan Sat Lantas Polres Salatiga. Pada dasarnya, pihaknya tetap berkoordinasi dan berkolaborasi dengan jajaran tetangga untuk kelancaran lalu lintas musim mudik-balik Idul Fitri 2017.

“Kita akan berkolaborasi dengan Direktorat Lalu Lintas Polda Jateng dalam hal ini Patroli Jalan Raya (PJR). Sistem piket personel dibagi tiga shift, total personel pengamanan di tol ada sembilan orang anggota Sat Lantas ditambah dua orang perwira,” paparnya.
(Ranin Agung/CN40/SM Network)

Fungsional Hari Pertama, Ribuan Kendaraan Keluar Tol Salatiga Reviewed by on . [caption id="attachment_1079947" align="alignnone" width="400"] SIMPANG SUSUN KANDANGAN: Pengguna tol Bawen-Salatiga melintas di simpang susun Kandangan, Bawen, [caption id="attachment_1079947" align="alignnone" width="400"] SIMPANG SUSUN KANDANGAN: Pengguna tol Bawen-Salatiga melintas di simpang susun Kandangan, Bawen, Rating: 0