Selasa , 27 Juni 2017

Home » Suara Kedu » Eks Pekerja Anak Diberi Pendampingan

Eks Pekerja Anak Diberi Pendampingan

20 Maret 2017 10:56 WIB Category: Suara Kedu Dikunjungi: kali A+ / A-
Kondisi pekerja anak masih memprihatinkan. (foto: istimewa)

Kondisi pekerja anak masih memprihatinkan. (foto: istimewa)

SLEMAN, suaramerdeka.com – Pekerja dari kalangan usia anak masih menjadi persoalan serius yang dihadapi Pemerintah Kabupaten Sleman. Dalam kurun dua tahun terakhir ada sekitar 100 anak yang ditarik dari tempat mereka bekerja.

“Mereka tetap kami beri pendampingan berupa pelatihan, atau fasilitasi untuk melanjutkan jenjang pendidikan. Wujudnya antara lain melalui pemberian beasiswa, dan kerjasama dengan CSR perusahaan,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DP3AP2-KB) Sleman Mafilindati Nuraini, Senin (20/3).

Dia menjelaskan, upaya penarikan pekerja anak ini merupakan bagian dari indikator kabupaten layak anak yakni pada poin perlindungan khusus. Adapun landasan aturannya antara lain Perda Nomer 18 Tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Perlindungan Anak, dan Perbup Nomer 19 Tahun 2016 tentang Pengembangan Sekolah Ramah Anak.

Tahun ini, evaluasi Kabupaten Layak Anak tetap akan difokuskan pada pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak. Sasaran perlindungan ini mencakup anak korban tindak kekerasan, eksploitasi, pornografi, dan situasi darurat, serta penyandang disabilitas.

“Kami juga fokus pada anak yang berhadapan dengan hukum. Sekarang sedang diinventarisir datanya melalui koordinasi dengan pihak pengadilan,” ujar Linda.

Untuk menekan angka kasus anak bermasalah dengan hukum, pihaknya akan intens membangun jejaring dengan instansi penegak hukum seperti kepolisian, kejaksaan, pengadilan, dan balai pemasyarakatan.

(Amelia Hapsari/CN19/SMNetwork)

Eks Pekerja Anak Diberi Pendampingan Reviewed by on . [caption id="attachment_674562" align="alignnone" width="400"] Kondisi pekerja anak masih memprihatinkan. (foto: istimewa)[/caption] SLEMAN, suaramerdeka.com - [caption id="attachment_674562" align="alignnone" width="400"] Kondisi pekerja anak masih memprihatinkan. (foto: istimewa)[/caption] SLEMAN, suaramerdeka.com - Rating: 0