Jumat , 21 Juli 2017

Home » Semarang Metro » Dukun Palsu Pengganda Uang Kembali Diringkus Polisi

Dukun Palsu Pengganda Uang Kembali Diringkus Polisi

21 Maret 2017 2:43 WIB Category: Semarang Metro Dikunjungi: kali A+ / A-
Pelaku dukun palsu memakai blangkon saat di gelar perkara di Polda Jateng. (suaramerdeka.com/Apit)

Pelaku dukun palsu memakai blangkon saat di gelar perkara di Polda Jateng. (suaramerdeka.com/Apit)

SEMARANG, suaramerdeka.com – Aparat Dit Reskrimum Polda Jawa Tengah mengamankan seorang dukun palsu yang mengaku bisa menggandakan uang. Dalam aksinya, pelaku mengaku kepada korbannya bisa menggandakan uang hingga Rp 60 miliar.

Pelaku diketahui bernama Muhammad Rifai Adi Nugroho (38) warga Limbangan, Kendal. Akibat aksi pelaku, total kerugian tiga korbannya mencapai Rp 2 miliar. Dalam penindakannya, pelaku diamankan di Cipto Mangunkusumo, Ambarawa, pada 24 Januari 2017 lalu.

“Saat ini korban yang melapor baru tiga orang, tapi diperkirakan korbannya sudah banyak,” ucap Kabid Humas Polda Jawa Tengah, Kombes Pol Djarod Pdakova saat gelar perkara di kantornya, Senin (20/3).

Dia menambahkan, modus yang dilakukan pelaku yakni bisa menggandakan uang dari Rp 35 juta menjadi Rp 60 miliar. Pelaku berpura-pura melakukan ritual. Untuk menyakinkan korbannya, pelaku berdandan menggunakan baju pakaian adat dengan berbagai aksesoris mirip dukun.

“Dalam ritual itu, pelaku mengaku minta bantuan dari Ratu Kidul dan Eang Seto. Dia juga menyiapkan kardus berisi bunga tabur dan dibawahnya diberi tumpukan uang palsu pecahan 100 ribu,” tandasnya.

Sementara itu, Rifai mengatakan, saat ritual itu korban ditunjukan uang tersebut, namun tidak boleh memegangnya. Jika sudah percaya, Rifai memjnta mahar uang yang akan digandakan.

“Mereka percaya begitu saja, karena rata-rata yang minta bantuan terlilit hutang,” tandasnya.

Pelaku bakal dijerat pasal 378 KUHP dan Pasal 372 KUHP tentang penipuan dan atau penggelapan. Djarod menghimbau agar masyarakat tidak lagi tertipu dengan modus penggandaan uang.

(Apit Yulianto/CN39/SM Network)

Dukun Palsu Pengganda Uang Kembali Diringkus Polisi Reviewed by on . [caption id="attachment_982568" align="alignnone" width="400"] Pelaku dukun palsu memakai blangkon saat di gelar perkara di Polda Jateng. (suaramerdeka.com/Apit [caption id="attachment_982568" align="alignnone" width="400"] Pelaku dukun palsu memakai blangkon saat di gelar perkara di Polda Jateng. (suaramerdeka.com/Apit Rating: 0