Sabtu , 24 Juni 2017

Home » Nasional » Divonis Dua Tahun, Dahlan Iskan Ajukan Banding

Divonis Dua Tahun, Dahlan Iskan Ajukan Banding

21 April 2017 14:00 WIB Category: Nasional Dikunjungi: kali A+ / A-
Foto: vivanews

Foto: vivanews

SURABAYA, suaramerdeka.com – Sidang pembacaan vonis perkara penjualan aset PT Panca Wira Usaha (PWU), BUMD Pemprov Jatim, dengan terdakwa Dahlan Iskan digelar di Pengadilan Tipikor Surabaya di kawasan Juanda Sidoarjo, Jumat (21/4).

Dalam sidang tersebut, Majelis Hakim yang diketuai Taksin SH menjatuhkan vonis hukuman dua tahun penjara kepada Dahlan Iskan. Mantan orang pertama di Kementerian BUMN ini dinilai terbukti menyalahgunakan kewenangan sebagai direktur utama (Dirut) PT PWU Jatim, sehingga mengakibatkan kerugian negara.

Saat pembacaan putusan, Majelis Hakim menilai Dahlan Iskan tak terbukti melanggar dakwaan primer sebagaimana dalam dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU) dari Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jatim, yakni unsur barang siapa sebagaimana diatur dalam pasal 2 ayat 1 e UU tentang Tindak Pidana Korupsi. “Membebaskan terdakwa dari dakwaan primer,” ujar Ketua Majelis Hakim, Taksin SH dalam amar putusannya.

Atas putusan ini, Dahlan Iskan menyatakan banding. “Saya bertanggung jawab sebagai Dirut PT PWU waktu itu dan saya tidak akan lari dari tanggungjawab ini. Namun setelah berkoordinasi dengan tim kuasa hukum saya, secara hukum saya nyatakan banding,” ujar Dahlan usai putusan dibacakan.

Dahlan juga menyatakan terima kasih karena dinyatakan tak terbukti memakan uang negara. “Terima kasih pada majelis hakim karena saya dinyatakan tak memakan uang negara. Namun demikian, secara moral saya bertanggung jawab sebagai dirut waktu itu dan saya tak akan lari dari tanggung jawab tersebut,” tegas Dahlan.

Di sisi lain, Jaksa Penuntut Umum (JPU) dari Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jatim menyatakan pikir-pikir atas vonis hakim ini

(Ainur Rohim/ CN33/ SM Network)

Divonis Dua Tahun, Dahlan Iskan Ajukan Banding Reviewed by on . [caption id="attachment_1017575" align="alignnone" width="400"] Foto: vivanews[/caption] SURABAYA, suaramerdeka.com - Sidang pembacaan vonis perkara penjualan a [caption id="attachment_1017575" align="alignnone" width="400"] Foto: vivanews[/caption] SURABAYA, suaramerdeka.com - Sidang pembacaan vonis perkara penjualan a Rating: 0