Sabtu , 25 Maret 2017

Home » Pilkada Serentak 2017 » Dipecat, Jika Prajurit TNI Kodim Terbukti Memihak Salah Satu Calon

Dipecat, Jika Prajurit TNI Kodim Terbukti Memihak Salah Satu Calon

20 Maret 2017 21:30 WIB Category: Pilkada Serentak 2017 Dikunjungi: kali A+ / A-
PEMBINAAN NETRALITAS TNI: Pasiter Kodim 0733 BS Semarang Kapten Inf Suradi saat memberikan Pembinaan Netralitas TNI dalam Pemilu/Pilkada TA. 2017 di aula Makodim 0733 BS/Semarang Jl Pemuda Semarang, Senin (20/3). (suaramerdeka.com/Maulana M Fahmi)

PEMBINAAN NETRALITAS TNI: Pasiter Kodim 0733 BS Semarang Kapten Inf Suradi saat memberikan Pembinaan Netralitas TNI dalam Pemilu/Pilkada TA. 2017 di aula Makodim 0733 BS/Semarang Jl Pemuda Semarang, Senin (20/3). (suaramerdeka.com/Maulana M Fahmi)

SEMARANG, suaramerdeka.com – Prajurit TNI Kodim 0733 BS Semarang harus netral dalam pemilu kepala daerah (Pilkada) yang digelar di lingkungannya. Jika ada yang terbukti memihak atau terlibat mendukung salah satu calon kepala daerah, maka Kodim akan melakukan penindakan melalui proses hukum yang berlaku. Bahkan akan dikenakan sanksi hingga pemecatan. Hal tersebut diungkapkan Dandim 0733/ BS Semarang, Kol Inf Zainul Bahar melalui Pasiter Kodim 0733 BS Semarang, Kapten Inf Suradi saat memberikan Pembinaan Netralitas TNI dalam Pemilu/Pilkada TA 2017 di aula Makodim 0733 BS/Semarang Jl Pemuda Semarang, Senin (20/3).

“Setiap prajurit TNI, wajib menunjukan sikap yang tidak memihak dan memberikan dukungan dalam bentuk apa pun kepada salah satu kontestan peserta pemilu/pilkada. Hal ini tegas kita tekankan kepada anggota Kodim 0733 BS Semarang. Bagi yang melanggar, kami tidak segan untuk memprosesnya hingga sanksi pemecatan,” jelasnya.

Menurutnya, sesuai dengan Undang undang RI Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI, Pasal 2 pada huruf d antara lain ditegaskan bahwa tentara profesional yaitu tentara yang terlatih, terdidik, dilengkapi secara baik. Juga idak berpolitik praktis, tidak berbisnis dan dijamin kesejahteraannya, serta mengikuti kebijakan politik negara yang menganut prinsip demokrasi, supremasi sipil, hak asasi manusia, ketentuan hukum nasional dan hukum internasional dan telah diratifikasi. Tidak berpolitik praktis dimaknai dengan konsistensi netralitas TNI yang merupakan bagian dari komitmen TNI dalam rangka ikut serta mensukseskan pelaksanaan Pemilu/Pemilukada. Netralitas  TNI merupakan amanah dalam pelaksanaan reformasi internal TNI.

Menurutnya sejauh ini di wilayah Kodim 0733 BS Semarang memang belum menggelar pesta demokrasi pemilihan kepala daerah (Pilkada) kembali. Namun tidak menutup kemungkinan sejumlah anggota Kodim 0733 BS Semarang bertempat tinggal di sejumlah kabupaten kota dan berbatasan dengan Semarang yang menggelar pilkada perlu diingatkan kembali atas sikap netralitas TNI.

Pasiter yang memberikan pembinaan materi Pembinaan Netralitas TNI dalam Pemilu/Pilkada TA 2017 tersebut juga menekankan bahwa netralitas anggota Kodim Semarang tak hanya di wilayah Semarang. Namun juga berlaku di semua wilayah.

“Netralitas TNI ini berlaku untuk semua wilayah. Jadi tidak menutup kemungkinan jika prajurit Kodim bermain-main di luar wilayah Kodim tetap akan kami tindak. Jaga netralitas sebagai perintah komando atas dan jaga kondusifitas jalannya proses pilkada,” ungkapnya kepada 100 prajurit yang terdiri dari prajurit Kodim dan perwakilan sejumlah satuan batalyon di wilayah territorial Kodim 0733 BS Semarang serta dihadiri dua ormas keluarga besar TNI yaitu FKPPI dan Pemuda Panca Marga Semarang.

Dalam kesempatan tersebut Pasintel Kodim 0733 BS Semarang, Mayor Inf Arief juga memaparkan tentang peran dan tugas TNI serta pedoman netralitas TNI.

“Kami berharap melalui pembinaan ini prajurit akan lebih paham tentang peran dan tugasnya sebagai prajurit yang profesional sehingga menciptakan citra positif TNI dalam masyarakat. Serta menjaga nama baik perorangan mau pun satuan, dengan tidak melakukan hal-hal yang dapat merusak citra TNI terkait dengan pelaksanaan Pemilu/Pilkada,” ungkap Pasintel.
(Maulana M Fahmi/CN40/SM Network)

Dipecat, Jika Prajurit TNI Kodim Terbukti Memihak Salah Satu Calon Reviewed by on . [caption id="attachment_982319" align="alignnone" width="400"] PEMBINAAN NETRALITAS TNI: Pasiter Kodim 0733 BS Semarang Kapten Inf Suradi saat memberikan Pembin [caption id="attachment_982319" align="alignnone" width="400"] PEMBINAAN NETRALITAS TNI: Pasiter Kodim 0733 BS Semarang Kapten Inf Suradi saat memberikan Pembin Rating: 0