Sabtu , 25 Maret 2017

Home » Nasional » Desa Ponggok Klaten Dijadikan Contoh Nasional

Desa Ponggok Klaten Dijadikan Contoh Nasional

21 Maret 2017 4:12 WIB Category: Nasional Dikunjungi: kali A+ / A-
Foto: suaramerdeka.com/Achmad Hussain

Foto: suaramerdeka.com/Achmad Hussain

ALOR, suaramerdeka.com - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo berharap agar seluruh desa di Indonesia meniru pola pengelolaan dan inovasi yang dilakukan oleh Desa Ponggok, Klaten, Jawa Tengah. Dimana Desa tersebut dinilai berhasil mengelola sektor pariwisata melalui pemanfaatan kolam renang kuno yang dipercantik memanfaatkan Dana Desa.

“Ini adalah inovasi yang sangat baik dan patut dicontoh desa-desa lainnya agar bisa keluar dari ketertinggalannya. Dengan penghasilan Rp6,5 miliar, pemerintah desa Ponggok berhasil mensejahterakan masyarakatnya bahkan tidak ada anak usia sekolah yang tidak sekolah, sebab pemerintah desa membiayainya hingga ke Perguruan Tinggi,” ujar Eko saat berdialog dengan 158 Kepala Desa dan 83 Pendamping Desa Profesional se-Kabupaten Alor.

Menurutnya, saat ini desa bukan hanya menjadi objek pembangunan, namun desa harus menjadi subjek pembangunan, sesuai dengan amanat UU Nomor 6 Tahun 2014, tentang Desa. Bahkan, perhatian pemerintah semakin besar terhadap pembangunan desa dengan menaikkan dana Desa di tahun  2018 menjadi Rp 120 triliun.

“Sehingga diperkirakan setiap desa akan mengelola Dana Desa di kisaran 1,6-1,8 miliar (rupiah) per desa,” katanya.

Disebutkan, pada 2016  dana desa totalnya Rp 46,96 triliun, tahun ini bertambah menjadi Rp 60 triliun, dan pada 2018 mendatang diharapkan bisa mencapai Rp 120 triliun. Diharapkan agar desa memanfaatkan dengan sebaik-baiknya dana tersebut.

“Kalau perlu, setiap desa bisa menciptakan satu produk unggulan yang bisa diandalkan mendatangkan pendapatan bagi desanya, one village one product sangat diharapkan.” jelasnya.

Eko mencontohkan ada sekitar 600 desa di Indonesia yang sudah membangun embung hasil dari pemanfaatan dana desa, maka desa-desa yang lain pun diharapkan bisa mencontohi langkah tersebut dalam rangka meningkatkan perekonomian desa.

Dikatakan, pemerintah desa khususnya di Provinsi NTT bisa mensosialisasikan dengan baik dana desa, melibatkan masyarakat dan melaporkannya secara transparan, agar masyarakat benar-benar dilibatkan dan bisa keluar dari kemiskinannya.

(Satrio W/ CN34/ SM Network)

Desa Ponggok Klaten Dijadikan Contoh Nasional Reviewed by on . [caption id="attachment_194175" align="alignnone" width="400"] Foto: suaramerdeka.com/Achmad Hussain[/caption] ALOR, suaramerdeka.com - Menteri Desa, Pembanguna [caption id="attachment_194175" align="alignnone" width="400"] Foto: suaramerdeka.com/Achmad Hussain[/caption] ALOR, suaramerdeka.com - Menteri Desa, Pembanguna Rating: 0