Kamis , 30 Maret 2017

Home » Suara Muria » Demi Adipura, DLH Rembang Menata Tumpukan Sampah Liar

Demi Adipura, DLH Rembang Menata Tumpukan Sampah Liar

20 Maret 2017 23:54 WIB Category: Suara Muria Dikunjungi: kali A+ / A-
PENGELOLAAN SAMPAH: Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Rembang mulai melakukan pengelolaan sampah yang berada di ekspasar hewan Sumberejo Kecamatan Kota Rembang. (suaramerdeka.com/Ilyas al-Musthofa)

PENGELOLAAN SAMPAH: Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Rembang mulai melakukan pengelolaan sampah yang berada di ekspasar hewan Sumberejo Kecamatan Kota Rembang. (suaramerdeka.com/Ilyas al-Musthofa)

REMBANG, suaramerdeka.com – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Rembang mulai melakukan penataan tumpukan sampah liar di eks-pasar hewan Sumberejo. Penataan kawasan itu dilakukan demi penilaian Adipura 2017 yang sudah dimulai.

Kabid Pengelolahan Sampah Bahan Berbahaya dan Beracun dan Peningkatan Kapasitas DLH Kabupaten Rembang, Andreas Edi Gustono mengatakan, kondisi sampah di kawasan eks-Pasar Hewan Sumberejo sudah sangat memprihatinkan. Sampah-sampah yang ada di sana berasal dari operasional pasar, masyarakat Desa Sumberejo dan Tasikagung. Menurut Andreas, jika terus-menerus dibiarkan maka lokasi eks-Pasar Hewan Sumberejo bisa menjadi Tempat Pembuaangan Akhir (TPA) liar.

“Penataan sampah di sana sudah berlangsung sejak empat hari lalu. Kami meratakan sampah dan membuat galian dengan eskavator. Besok adalah hari terakhir penataan setelah itu akan dipikirkan langkah selanjutnya dengan pihak-pihak terkait,” terang Andreas.

Ia menjelaskan, ada beberapa model penataan yang akan dilakukan oleh DLH. Selain meratakan lokasi dan sampah serta penggalian, DLH juga akan menempatkan total tiga kontainer sampah di lokasi tersebut.

Berharap Disperindagkop Terlibat

Tiga kontainer tersebut, satu berasal dari kawasan Gambiran dan dua lainnya sebelumnya sudah berada tak jauh dari eks-Pasar Hewan Sumberejo. Selan itu, dua pintu masuk yang ada di sana akan ditutup salah satunya.

“Kami berharap Disperindagkop juga ikut terlibat. Jangan dipasrahkan ke DLH saja. Nanti warung-warung yang ada di dalam lokasi juga akan kami bersihkan. Ini semua demi Adipura. Maka semua pihak harus membantu,” ujarnya.

Sementara itu, Kades Sumberejo, Yopi Arfianto saat dikonfrimasi wartawan mengatakan, lahan yang saat ini dirapikan oleh DLH akan diusulkan untuk ditanami sayuran dan buah dengan model hidroponik. Rencananya sayur dan buah itu akan ditanam oleh warga agar lokasi terlihat lebih terjaga.
(Ilyas al-Musthofa/CN40/SM Network)

Demi Adipura, DLH Rembang Menata Tumpukan Sampah Liar Reviewed by on . [caption id="attachment_982357" align="alignnone" width="400"] PENGELOLAAN SAMPAH: Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Rembang mulai melakukan pengelolaan sa [caption id="attachment_982357" align="alignnone" width="400"] PENGELOLAAN SAMPAH: Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Rembang mulai melakukan pengelolaan sa Rating: 0