Minggu , 25 Juni 2017

Home » Solo Metro » Cuti Bersama, Disdukcapil Tetap Buka Pelayanan

Cuti Bersama, Disdukcapil Tetap Buka Pelayanan

19 Juni 2017 20:10 WIB Category: Solo Metro Dikunjungi: kali A+ / A-
ANTRE PELAYANAN : Sejumlah warga antre pelayanan di kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Wonogiri, beberapa waktu lalu. (Foto: suaramerdeka.com/Khalid Yogi)

ANTRE PELAYANAN : Sejumlah warga antre pelayanan di kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Wonogiri, beberapa waktu lalu. (Foto: suaramerdeka.com/Khalid Yogi)

WONOGIRI, suaramerdeka.com – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Wonogiri tetap membuka pelayanan selama masa cuti bersama lebaran mendatang. Hal itu dilakukan karena akan ada banyak warga dan pemudik yang memanfaatkan waktu tersebut untuk mengurus surat-surat kependudukan.

Kepala Disdukcapil Wonogiri, Sungkono mengatakan, kantor dinas tersebut hanya akan libur pada tanggal 25 dan 26 Juni mendatang. “Tanggal merahnya libur. Tapi pada hari cuti bersama, yakni tanggal 23, 27, 28, 29, dan 30 Juni kami menjalankan piket petugas agar pelayanan tetap buka,” katanya, Senin (19/6).

Dia menerangkan, pembukaan pelayanan di masa cuti bersama itu dilakukan karena diperkirakan akan banyak warga yang mengurus surat-surat kependudukan. Biasanya, banyak masyarakat yang pulang dari perantauan memanfaatkan waktu tersebut untuk mengurus surat-surat.

“Ada yang mengurus surat pindah, mengurus KTP, KK dan sebagainya. Sekarang saja sudah banyak warga yang mengurus surat. Saya yakin nanti akan lebih banyak lagi yang akan mengurus surat-surat kependudukan,” ujarnya.

Menurutnya, institusi pelayanan lainnya seperti kecamatan semestinya juga masih membuka pelayanan di masa cuti bersama. Pasalnya, Disdukcapil tidak bisa memproses permohonan apabila pemohon tidak melalui kecamatan terlebih dahulu.

Di sisi lain, sebanyak 10.000 keping blangko KTP elektronik (e-KTP) yang telah tiba di Kabupaten Wonogiri kini telah dicetak. Namun, blanko tersebut masih dalam proses pengisian atau encoding chip.

Saat ini, jumlah wajib KTP yang masuk daftar antrean di kabupaten itu mencapai 55.000 orang. Jumlah pemohon yang sudah ditindaklanjuti berkisar 10.000 orang.
(Khalid Yogi/CN41/SMNetwork)

Cuti Bersama, Disdukcapil Tetap Buka Pelayanan Reviewed by on . [caption id="attachment_1079894" align="alignnone" width="400"] ANTRE PELAYANAN : Sejumlah warga antre pelayanan di kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil [caption id="attachment_1079894" align="alignnone" width="400"] ANTRE PELAYANAN : Sejumlah warga antre pelayanan di kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Rating: 0