Sabtu , 22 Juli 2017

Home » Suara Pantura » BPJS Kesehatan Fasilitasi 200 Peserta Tes IVA di RSUD Bendan

BPJS Kesehatan Fasilitasi 200 Peserta Tes IVA di RSUD Bendan

21 April 2017 16:12 WIB Category: Suara Pantura Dikunjungi: kali A+ / A-
Foto: istimewa

Foto: istimewa

PEKALONGAN, suaramerdeka.com – Dalam rangka memperingati Hari Kartini, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Pekalongan memfasilitasi 200 peserta program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) melakukan pemeriksaan  Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) di RSUD Bendan, Jumat (21/4).

“Pemeriksaan IVA atau tes IVA merupakan salah satu bentuk program promotif preventif bagi peserta JKN-KIS untuk menekan jumlah penderita kanker serviks,” terang Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pekalongan, Asep Subana.

Menurut dia, kegiatan tersebut sebagai tindak lanjut dari program yang dicanangkan Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE) Kabinet Kerja. Salah satu program yang digalang OASE Kabinet Kerja yakni meningkatkan pelaksanaan pencegahan dan deteksi dini kanker pada perempuan di Indonesia mulai tahun 2015-2019.

“Melalui pemeriksaan ini diharapkan bisa meminimalisir jumlah penderita kanker serviks. Apabila diketahui lebih awal, pengobatan  bisa lebih mudah,” sambungnya.

Lebih lanjut Asep mengatakan, apabila setelah pemeriksaan IVA tersebut, ada peserta yang memerlukan penanganan lebih lanjut, maka akan ditindaklanjuti dengan pengobatan di RSUD Bendan.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekalongan Slamet Budiyanto menjelaskan, kanker serviks menduduki peringkat kedua sebagai kanker yang paling banyak diderita oleh masyarakat Indonesia. Untuk menekan jumlah penderita kanker serviks, Dinas Kesehatan Kota Pekalongan telah melatih sepuluh dokter dan sepuluh bidan untuk melayani tes IVA.

“Pelayanan tes IVA bisa dilakukan di semua puskesmas di Kota Pekalongan,” terangnya.

Sebelum menjalani pemeriksaan IVA, peserta mendapat bekal pengetahuan tentang pencegahan kanker serviks yang disampaikan Dokter Spesialis Kandungan sekaligus Direktur RSUD Bendan, dr. Wedo Tri Hardjanto, Sp.OG.
(Isnawati/CN41/SMNetwork)

BPJS Kesehatan Fasilitasi 200 Peserta Tes IVA di RSUD Bendan Reviewed by on . [caption id="attachment_22184" align="alignnone" width="400"] Foto: istimewa[/caption] PEKALONGAN, suaramerdeka.com - Dalam rangka memperingati Hari Kartini, Ba [caption id="attachment_22184" align="alignnone" width="400"] Foto: istimewa[/caption] PEKALONGAN, suaramerdeka.com - Dalam rangka memperingati Hari Kartini, Ba Rating: 0