Pinjaman Bunga Murah Bukan Satu-satunya Solusi Bagi UKM | suaramerdeka.com
Home » Bisnis » Pinjaman Bunga Murah Bukan Satu-satunya Solusi Bagi UKM

Pinjaman Bunga Murah Bukan Satu-satunya Solusi Bagi UKM

- UPK Plupuh Gelar TOT

28 Februari 2017 11:06 WIB Category: Bisnis, UMKM A+ / A-
BIOLA LOKAL: Perajin biola lokal asal Desa Japan, Kecamatan Dawe, Kudus sibuk menyelesaikan pesanan. (suaramerdeka.com/Ruli Aditio)

BIOLA LOKAL: Perajin biola lokal asal Desa Japan, Kecamatan Dawe, Kudus sibuk menyelesaikan pesanan. (suaramerdeka.com/Ruli Aditio)

SOLO, suaramerdeka.com – Problem utama pelaku usaha kecil menengah (UKM) dalam permodalan bukan bunga. Terbukti, bunga murah seperti dalam program kredit usaha rakyat (KUR), angka kredit bermasalah atau nonperforming loan (NPL) perbankan penyalur KUR justru meningkat.

“Pelaku UKM butuh kecepatan pelayanan, kemudahan prosedur, dan tidak adanya agunan dalam pengajuan pinjaman. Terbukti jasa di UPK lebih tinggi dari KUR, namun NPL lebih sehat, bahkan tidak sedikit yang NPL nol persen. Padahal tidak menggunakan agunan sama sekali hanya menggunakan sistem tanggung renteng,” kata direktur Amalia Consulting, Suharno.

Hal itu dikatakan ketika menjadi pembicara dalam training of trainer (TOT) yang digelar Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Dana Amanah Pemberdayaan Masyarakat Kecamatan Plupuh, Sragen, di Loji Hotel Solo, belum lama ini. TOT diikuti 31 peserta dari unsur Forum Kelompok Simpan Pinjam Perempuan (SPP) dan Koordinator Pemberdayaan Ekonomi Desa (KPED).

Ketua UPK, Dedy Prasetyo mengatakan, selepas TOT peserta bisa membimbing dan mendampingi kelompok SPP dalam melaksanakan organisasi kelompok dengan baik, baik dari sisi administrasi atau manajerial. Anggota kelompok SPP semua perempuan atau ibu-ibu. Usahanya beragam, mulai dari jual sembako di rumah, pedagang pasar, penjahit, konveksi, hingga peternak.

“Bila organisasi kelompok SPP sehat, maka dana pinjaman yang digulirkan akan lancar, tidak ada yang macet dan usaha anggota SPP tumbuh dan berkembang ” ungkapnya.

(Langgeng Widodo/CN19/SMNetwork)

Comments

comments

Pinjaman Bunga Murah Bukan Satu-satunya Solusi Bagi UKM Reviewed by on . [caption id="attachment_10833" align="alignleft" width="300"] BIOLA LOKAL: Perajin biola lokal asal Desa Japan, Kecamatan Dawe, Kudus sibuk menyelesaikan pesana [caption id="attachment_10833" align="alignleft" width="300"] BIOLA LOKAL: Perajin biola lokal asal Desa Japan, Kecamatan Dawe, Kudus sibuk menyelesaikan pesana Rating: 0
scroll to top