Pilpres Lancar Rupiah Kembali Menguat | suaramerdeka.com
Home » Bisnis » Ekonomi » Pilpres Lancar Rupiah Kembali Menguat

Pilpres Lancar Rupiah Kembali Menguat

8 Juli 2014 20:08 WIB Category: Ekonomi A+ / A-

Rupiah Kembali MenguatSUARAMERDEKA.COM - Menteri Keuangan mengharapkan pemilihan presiden yang berlangsung 9 Juli dapat berjalan lancar agar sentimen positif di pasar keuangan tanah air tetap terjaga. Menurutnya, saat ini sentimen positif di pasar keuangan terlihat dari penguatan nilai tukar Rupiah terhadap dolar AS. Hal ini tidak lepas dari pengaruh kampanye pilpres yang baru saja berakhir berlangsung aman.

Selama ini, dia mengakui, yang menjadi ketakutan pasar adalah adanya konflik karena kompetisi pemilunya berjalan ketat. Namun ternyata hingga akhir masa kampanye tidak ada kericuhan. “Alhamdulillah kampanye selesai, ribut-ribut suara musik, ternyata tidak ada ribut apa-apa. Confidence-nya juga balik, bagaimana rupiah itu dari Rp 11.900 menjadi Rp 11.700-11.600 per dolar AS dalam waktu 1-2 hari itu kan berarti confidencenya balik,” jelasnya.

Berdasarkan kurs tengah Bank Indonesia pada Selasa (8/7), nilai rupiah menguat menjadi Rp 11.695 dari penutupan perdagangan Senin (7/7) sebesar Rp 11.787 per dolar AS. Dia menyatakan melemahnya Rupiah lebih disebabkan faktor domestik yakni penyelenggaraan pilpres. Tekanan di pasar keuangan itu, lanjutnya, hanya bersifat sementara.

Namun, dia menyatakan yang perlu diwaspadai adalah dampak dari penarikan stimulus bank central AS, The Fed. Untuk itu, pemerintah telah menyiapkan langkah antisipasi.

Chatib menambahkan faktor pilpres yang menjadi tekanan bagi pergerakan Rupiah ketika hari pencoblosan bisa terjadi. Namun, karena volatilitas Rupiah hanya sementara maka tak perlu ada intervensi. “Tidak perlu. Kalau setiap market anjlok terus kita intervensi, lebih baik uang dipakai untuk yang lain. Kalau sesuatu yang temporer jangan diambil keputusan,” ujarnya.

Dia menilai situasi pilpres yang temporer berbeda dengan situasi tapering off atau penarikan stimulus di AS oleh The Fed, misalnya yang sifatnya permanen. Namun jika situasinya permanen tentu pemerintah harus membuat langkah-langkah khusus.

 

Comments

comments

Pilpres Lancar Rupiah Kembali Menguat Reviewed by on . SUARAMERDEKA.COM - Menteri Keuangan mengharapkan pemilihan presiden yang berlangsung 9 Juli dapat berjalan lancar agar sentimen positif di pasar keuangan tanah SUARAMERDEKA.COM - Menteri Keuangan mengharapkan pemilihan presiden yang berlangsung 9 Juli dapat berjalan lancar agar sentimen positif di pasar keuangan tanah Rating: 0
scroll to top