Pengembangan Bordir Usung Misi Ganda | suaramerdeka.com
Home » Bisnis » Pengembangan Bordir Usung Misi Ganda

Pengembangan Bordir Usung Misi Ganda

- Banyak Peminat

2 April 2017 12:56 WIB Category: Bisnis, UMKM A+ / A-
Foto Istimewa

Foto Istimewa

KUDUS, suaramerdeka.com - Serangkain upaya Pemkab Kudus melalui Dinas Perdagangan untuk menggenjot pengembangan bordir dan batik Kudus sebenarnya mempunyai misi ganda. Tidak hanya mendongkrak penjualan komoditas unggulan Kota Keretek itu, tetapi sekaligus meningkatkan kesejahteraan pekerja yang terlibat di dalamnya.

Kadinas Perdagangan Sudiharti menyatakan, paska pameran dagang dan expo di sejumlah daerah, peminat dan pesanan bordir meningkat pesat. Namun, hal itu bukan merupakan satu-satunya tujuan.

”Kami juga mengharapkan pendapatan pekerja pembuat bordir meningkat,” katanya.

Hal tersebut salah satunya dengan memperkenalkan dan menggandeng desainer nasional ke Kudus, seperti Ivan Gunawan. Melalui jejaring desainer kondang yang diajak bermitra kerja tersebut, tidak hanya pemasaran bordir meluas, tetapi standar kualitas produk pun diupayakan didongkrak.

”Bila harga bordir meningkat, kami berharap pekerja juga mendapat peningkatan penghasilan,” paparnya.

Berbagai sentuhan dari desainer nasional itu menjadikan bordir Kudus berkelas. Dari produk yang sebelumnya mungkin hanya dijual seharga Rp 1,5 juta dapat didongkrak menjadi belasan juta rupiah.

”Banyak perubahan pola kerja dan distribusi bordir saat sekarang,”

Tawaran

Transaksi dagang di ajang pameran yang sudah digelar bukan menjadi sasaran utama. Tetapi yang lebih penting bagaimana paska kegiatan itu berlangsung dapat menjadikan produk UMKM Kudus bisa lebih dikenal dan dilirik para pelaku bisnis termasuk para eksportir untuk ikut memasarkannya. Pihaknya berharap, setelah pameran, banyak order berdatangan.

”Kami selalu tekankan agar para pelaku UMKM bisa selalu menjaga kualitas, sehingga produk yang dihasilkan tidak mengecewakan konsumen,” jelasnya.

Dampak susulan dari penyelenggaraan kegiatan tersebut misalnya, paska keikuitsertaan dalam ajang Indonesian Fashion Week (IFW) di Jakarta Convention Center (JCC-SM 5/2), produk fashion asal Kota Keretek tersebut ditawari untuk dipamerkan juga di Australia.

Tawaran tersebut sebenarnya merupakan peluang untuk melebarkan pemasaran <I>fashion<P> Kudus ke luar negeri. Hanya saja, pihaknya masih berhitung ulang terkait biayanya.

(Anton WH/CN19/SMNetwork)

Comments

comments

Pengembangan Bordir Usung Misi Ganda Reviewed by on . [caption id="attachment_11705" align="alignleft" width="300"] Foto Istimewa[/caption] KUDUS, suaramerdeka.com - Serangkain upaya Pemkab Kudus melalui Dinas Perd [caption id="attachment_11705" align="alignleft" width="300"] Foto Istimewa[/caption] KUDUS, suaramerdeka.com - Serangkain upaya Pemkab Kudus melalui Dinas Perd Rating: 0
scroll to top