Pemprov DKI Siap Borong Bawang dan Cabai Petani Brebes | suaramerdeka.com
Home » Bisnis » Pemprov DKI Siap Borong Bawang dan Cabai Petani Brebes

Pemprov DKI Siap Borong Bawang dan Cabai Petani Brebes

- Upaya Antisipasi Kurangnya Pasokan

17 Maret 2017 21:28 WIB Category: Bisnis, Ekonomi A+ / A-
Foto: suaramerdeka.com

Foto: suaramerdeka.com

BREBES, suaramerdeka.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta siap memborong komoditas bawang merah dan cabai langsung dari petani di Kabupaten Brebes. Itu dilakukan sebagai upaya menekan inflasi karena kurangnya pasokan bawang merah dan cabai ke ibukota, sehingga harganya melambung tinggi.

Kepastian itu terungkap saat Bupati Brebes Idza Priyanti menerima kunjungan rombongan Pemprov DKI Jakarta bersama DPRD Provinsi DKI Jakarta, PD Pasar Jaya dan TPID DIK Jakarta, Jumat (17/3), di Pendapa Kabupaten Brebes.

“Kami berkunjung ke Brebes untuk bertemu langsung Bupati, Dinas Pertanian, petani bawang merah dan cabai. Ini untuk melihat langsung bagaimana pengelolaanya, karena Jakarta kekurangan pasokan dua komoditas ini,” kata Wakil Ketua TPID DKI Jakarta, Doni P Joewono usai pertemuan dengan Bupati Brebes Idza Priyanti.

Dia mengatakan, kunjungan itu merupakan bagian dari rencana kerjasama pembelian komoditas bawang merah dan cabai pada sentra pertanian di Brebes. Itu kerena di Jakarta kondisi dua komiditas tersebut mengalami inflasi. “Sejauh ini permasalahan khusus yang dialami di Jakarta, berpengaruh signifikan kepada inflasi yang saat ini naik, dan juga upaya untuk menstabilkan harga pangan di pasaran, seperti bawang merah dan cabai yang harganya masih tinggi,” jelasnya.

Menurut dia, Jakarta saat ini sangat membutuhkan semua pasokan bahan pertanian. Untuk itu, upaya pembelian dari Pemprov DKI kepada dua komoditas tersebut dilakukan sekaligus untuk menyelamatkan harga saat panen raya. “Kebutuhan bawang merah dan cabai di Jakarta satu hari saja antara 80-90 ton. Harapanya agar dengan penjajagan kerjasama seperti ini bisa memberikan solusi untuk memenuhi kebutuhan dua komoditas ini,” ungkapnya.

Nantinya, lanjut dia, pembelian bawang dan cabai itu dilakukan langsung ke petani di sentra-sentra pertanian Brebes. Meski demikian, penentuan harga tidak akan merugikan petani.”Harga beli sesuai ketentuan yang berlaku dan sudah ditetapkan. Tapi, harga beli ini yang pasti tidak akan sampai merugikan petani sekalipun saat masa panen raya, sambungnya.

Sementara Bupati Brebes Idza Priyanti menyambut baik rencana kerjasama tersebut. Ia berjanji akan segera menyiapkan sentra pertanian di Brebes, khususnya bawang merah dan cabai untuk memenuhi permintaan dari Pemprov DKI Jakarta tersebut. “Kami membuka tangan lebar atas rencana kerjasama ini dan segera dikoordinasikan dengan Dinas Pertanian dan kelompok tani bagaimana mekanisme nanti kedepannya,” ujar Idza Priyanti.

Lebih lanjut dia mengatakan, manfaat kerjasama yang diperoleh selain mensejahterakan petani, juga dapat menstabilkan harga bawang di pasaran. Apalagi, Brebes merupakan penghasil komoditas bawang merah terbesar di Jawa Tengah. Bahkan, sebagai penyuplai 40 persen kebutuhan nasional.
Dalam setahun produksi bawang merah di Brebes mencapai 350.000 ton. “Kami optimistis dan siap membantu untuk pemenuhan permintaan dari Jakarta ini. Kami yakin kerjasama ini sangat menguntungkan petani, karena harga sudah diatur sesuai aturan,” jelasnya.

(Bayu Setiawan/CN19/SMNetwork)

Comments

comments

Pemprov DKI Siap Borong Bawang dan Cabai Petani Brebes Reviewed by on . [caption id="attachment_10980" align="alignleft" width="300"] Foto: suaramerdeka.com[/caption] BREBES, suaramerdeka.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jaka [caption id="attachment_10980" align="alignleft" width="300"] Foto: suaramerdeka.com[/caption] BREBES, suaramerdeka.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jaka Rating: 0
scroll to top