Masuk Ramadan, Kebutuhan Uang Tunai Naik 10 Persen | suaramerdeka.com
Home » Bisnis » Ekonomi » Masuk Ramadan, Kebutuhan Uang Tunai Naik 10 Persen

Masuk Ramadan, Kebutuhan Uang Tunai Naik 10 Persen

18 Mei 2017 14:04 WIB Category: Ekonomi A+ / A-
Bank Indonesia Perwakilan Jawa Tengah akan menyiapkan kebutuhan uang selama Ramadan sebanyak 10 persen dari tahun sebelumnya.  (suaramerdeka.com/ Cun Cahya)

Bank Indonesia Perwakilan Jawa Tengah akan menyiapkan kebutuhan uang selama Ramadan sebanyak 10 persen dari tahun sebelumnya. (suaramerdeka.com/ Cun Cahya)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Bank Indonesia Perwakilan Jawa Tengah menyiapkan kebutuhan uang tunai selama Ramadan lebih banyak 10 persen dari tahun sebelumnya. Tahun 2016 realisasi uang keluar dari Bank Indonesia Jawa Tengah sebesar Rp17,8 triliun dalam sebulan, naik dari normal setiap bulannya Rp4,9 triliun.

Hamid Ponco Wibowo Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jawa Tengah mengatakan penambahan 10 persen tersebut dilihat dari pertimbangan Jawa Tengah yang merupakan daerah tujuan mudik utama dan tren dari tahun ke tahun meningkat.

“Tahun ini disediakan 10 persen dari realisasi tahun lalu, sehingga akan memberikan rasa nyaman. Kalau dirasa kurang akan kita menaikkan stoknya. Berapa pun yang dibutuhkan kita siap,” katanya saat memberikan keterangan terkait kesiapan Bank Indonesia Jawa Tengah jelang Ramadan di Semarang, Kamis (18/5).

Nantinya Bank Indonesia akan mengedarkan uang baru emisi tahun 2016 dan uang lama namun masih baru, sehingga uang yang beredar bisa keluar semua. Di Jawa Tengah, Bank Indonesia sudah mengedarkan uang baru emisi tahun 2016 sebesar Rp1,4 triliun.

Untuk penukaran uang baru, Bank Indonesia akan melakukannya dengan jemput bola ke kantor-kantor dan tempat keramaian, bekerjasama dengan semua perbankan. “Bank yang ditunjuk nantinya akan dipasang spanduk terkait penukaran uang pecahan kecil tujuannya untuk memudahkan masyarakat mendapatkan uang baru,” ucapnya.

Dalam penukaran uang baru lanjut Hamid, Bank Indonesia akan melakukan pengaturan agar tidak terjadi penukaran yang tidak terkontrol.

“Saya menghimbau¬† masyarakat yang akan menukarkan uang baru agar seperlunya dalam penukaran. Pengalaman lalu ketika perbankan mengambil uang dalam jumlah besar,¬† 4-5 hari masuk lagi ke Bank Indonesia masih dalam keadaan utuh masih terbungkus rapi sehingga uang yang diambil perbankan tidak semuanya tersalurkan,” jelasnya.

(Cun Cahya/ CN33/ SM Network)

Comments

comments

Masuk Ramadan, Kebutuhan Uang Tunai Naik 10 Persen Reviewed by on . [caption id="attachment_12343" align="alignnone" width="300"] Bank Indonesia Perwakilan Jawa Tengah akan menyiapkan kebutuhan uang selama Ramadan sebanyak 10 pe [caption id="attachment_12343" align="alignnone" width="300"] Bank Indonesia Perwakilan Jawa Tengah akan menyiapkan kebutuhan uang selama Ramadan sebanyak 10 pe Rating: 0
scroll to top