Kadin Jateng Dorong Sertifikasi Halal Produk UMKM | suaramerdeka.com
Home » Bisnis » UMKM » Kadin Jateng Dorong Sertifikasi Halal Produk UMKM

Kadin Jateng Dorong Sertifikasi Halal Produk UMKM

4 Mei 2017 12:24 WIB Category: UMKM A+ / A-
Budiyanto Eko Purwono Kepala Biro Perekonomian Provinsi Jawa Tengah (kanan) memukul gong pembukaan pameran Moeslen Fashion Art & Halal Expo di Mal Ciputra Semarang, Kamis (4/5). (Foto suaramerdeka.com/Cun Cahya)

Budiyanto Eko Purwono Kepala Biro Perekonomian Provinsi Jawa Tengah (kanan) memukul gong pembukaan pameran Moeslen Fashion Art & Halal Expo di Mal Ciputra Semarang, Kamis (4/5). (Foto suaramerdeka.com/Cun Cahya)

SEMARANG, suaramerdeka.com – Kadin Jawa Tengah mendorong produk-produk UMKM untuk bisa mendapatkan sertifikasi halal. Hal ini karena Indonesia sebagai negara berpenduduk mayoritas Islam, penerapan jaminan produk halal menjadi penting baik produk makanan minuman maupun non makanan.

“Kadin Jawa Tengah bermaksud membantu pemerintah dalam sosislisasi produk halal dan memfasilitasi UMKM dalam mempromosikan produk-produk unggulan lewat pameran halal,” kata Asri Wibowo Ketua Panitia sekaligus Wakil Ketua Bidang Pemberdayaan Perempuan Kadin Jawa Tengah saat pembukaan Moeslem Fashion Art & Halal Expo di Mal Ciputra, Kamis (4/5).

Dalam pameran Moeslen Fashion Art & Halal Expo yang berlangsung hingga tanggal 8 Mei 2017 ini, Kadin Jawa Tengah menghadirkan para UMKM-UMKM halal mulai dari produk makanan minuman, obat-obatan, kosmetik, produk fashion muslim, lembaga umroh dan haji serta perbankan syariah

Budiyanto Eko Purwono Kepala Biro Perekonomian Provinsi Jawa Tengah mewakili Gubernur Jawa Tengah mengapresiasi pameran produk halal ini. Menurutnya Pemerintah Jawa Tengah mendukung penuh perkembangan produk halal ditengah mayoritas penduduk muslim Indonesia sehingga pilihan produk halal harus menjadi sebuah pilih. Disamping itu produk halal sangat prospektif untuk dikembangkan.

“Oleh karena itu produk makanan dan minuman dapat segera tersertifikasi kehalalannya sehingga masyarakat tidak lagi ragu akan produk tersebut,” ucapnya.

Pemerintah Jawa Tengah bersama LPPOM MUI Jawa Tengah siap memfasilitasi UMKM di Jawa Tengah untuk memperoleh sertifikat halal

“Jika sudah bersertifikat halal jangan berhenti dan terus menjaga kualitas,” tuturnya.

Budiyanto berharap agar pameran produk halal ini bisa sampai ke kabuapten kota di Jawa Tengah sehingga sosialisasi produk halal bisa meluas.

“Harus masuk ke kabupaten kota karena kita mempunyai ribuan masjid bisa diserahkan ke takmir masjid sebab kehalalan bagian dari upaya memperkuat keimanan,” jelasnya.

Tidak hanya produk makanan, fashion hijab dan busana muslim pun berkembang semakin pesat dengan pasar yang luar biasa di dalam negeri dan luar negeri. Produk halal sudah menjadi tren dan perhatian di berbagai negara.

“Pengembangan produk halal menguntungkan dari segi bisnis. Kita sebagai negara berpenduduk muslim terbesar tidak boleh tertinggal dengan negara lain dalam pengembangan produk halal apalagi kita mempunyai banyak potensi,” paparnya.

(Cun Cahya/CN19/SMNetwork)

Comments

comments

Kadin Jateng Dorong Sertifikasi Halal Produk UMKM Reviewed by on . [caption id="attachment_12061" align="alignleft" width="300"] Budiyanto Eko Purwono Kepala Biro Perekonomian Provinsi Jawa Tengah (kanan) memukul gong pembukaan [caption id="attachment_12061" align="alignleft" width="300"] Budiyanto Eko Purwono Kepala Biro Perekonomian Provinsi Jawa Tengah (kanan) memukul gong pembukaan Rating: 0
scroll to top