Harga Sembako di Atas Rata-Rata | suaramerdeka.com
Home » Bisnis » Ekonomi » Harga Sembako di Atas Rata-Rata

Harga Sembako di Atas Rata-Rata

6 Juli 2014 22:25 WIB Category: Ekonomi A+ / A-

Kabid PerdaganganSUARAMERDEKA.COM – Kabid Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jateng, Listyati Purnama Rusdiana mengatakan, harga di pasaran sekarang sudah diatas harga referensi daging sapi, yakni Rp 76.000/kg. Akan tetapi memang harga referensi tersebut kini sedang dikaji oleh Kementerian Perdagangan untuk dinaikkan.

“Melihat kondisi lapangan, harga daging sapi memang perlu dikaji ulang, mengingat peternak sapi dengan harga referensi saat ini masih merugi. Wacana sih harga referensi daging sapi akan dinaikkan berkisar pada Rp 85.000/kg,” katanya.

Kenaikan harga daging sapi ditengarai karena harga pakan juga mengalami kenaikan. “Sebab sebagian campuran pakan sapi kan juga masih import, maka harga jual daging juga perlu disesuaikan,” tandas Lisyati.

Sementara itu, Menurut Kepala Perindustrian dan Perdagangan Kota Semarang Nurjanah, kenaikan harga sembako di sejumlah pasar tradisional Semarang disebabkan faktor psikologis pedagang. Tingginya kebutuhan sembako selama Ramadan dan menjelang Lebarang mendorong mereka untuk menaikkan harga.

Untuk mengantisipasi harga yang semakin tinggi, petugas Disperindag terus melakukan pemantauan ketersediaan dan harga bahan pokok di pasar tradisional. Pemantauan dilakukan setiap hari oleh petugas. Jika terjadi kelangkaan, pihaknya akan segera mengambil langkah distribusi aletrnatif. Kendati harga tinggi, Nurjanah memastikan persediaan sembako relatif cukup.

Menurut dia, saat ini tingkat konsumsi masyarakat relatif tinggi namun pihaknya mengimbau tidak perlu ada kekhawatiran berlebih. Pihaknya sudah meminta pemasok untuk menambah pasokan hingga 10% pada awal bulan puasa lalu.

Comments

comments

Harga Sembako di Atas Rata-Rata Reviewed by on . SUARAMERDEKA.COM - Kabid Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jateng, Listyati Purnama Rusdiana mengatakan, harga di pasaran sekarang su SUARAMERDEKA.COM - Kabid Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jateng, Listyati Purnama Rusdiana mengatakan, harga di pasaran sekarang su Rating: 0
scroll to top