Garuda Indonesia Solo Garap Pasar Timur Tengah | suaramerdeka.com
Home » Bisnis » Advertorial » Garuda Indonesia Solo Garap Pasar Timur Tengah

Garuda Indonesia Solo Garap Pasar Timur Tengah

16 Maret 2017 9:34 WIB Category: Advertorial, Bisnis A+ / A-
PARKIR DI APRON : Pesawat Citiling (Garuda Indonesia Group) tengah parkir di apron Bandara Adi Soemarmo Solo, belum lama ini. (Foto suaramerdeka.com/Langgeng Widodo)

PARKIR DI APRON : Pesawat Citilink (Garuda Indonesia Group) tengah parkir di apron Bandara Adi Soemarmo Solo, belum lama ini. (Foto suaramerdeka.com/Langgeng Widodo)

SOLO, suaramerdeka.com – Garuda Indonesia serius menggarap pasar Timur Tengah. Tidak cukup hanya membuka penerbangan langsung Solo-Jeddah sejak pertengahan 2016 silam, maskapai penerbangan milik pemerintah itu juga berencana membuka rute Solo-Madinah

Nantinya, kata general manager (GM) Garuda Indonesia branch office Solo Aryo Wijoseno, penumpang yang diangkut tidak hanya jamaah yang hendak menunaikan ibadah umrah, tapi juga para tenaga kerja Indonesia (TKI) yang sudah lama bekerja di Arab Saudi. Angkutan kargo ke sana juga akan dioptimalkan. “Angkutan bagi wisatawan Timur Tengah ke Indonesia juga menjadi bagian dari rencana jangka panjang,” kata dia, Kamis (16/3).

Lebih lanjut Aryo mengatakan, pada saat awal penerbangan Solo-Jeddah dibuka pada Bulan Mei 2016, load factornya tidak begitu banyak sampai sebelum musim haji. Mepetnya izin penerbangan yang didapat serta minimnya promosi dan sosialisasi menjadi sebab.

Tapi setelah musim haji, mulai awal Desember 2016 hingga kini, load factornya rata-rata sudah 75 persen dari 328 kursi yang dijual. Dikatakan, dari Solo sengaja tidak dipenuhi karena pesawat juga mengambil penumpang dari Aceh saat transit.

Ke depan, pihaknya yakin, jumlah penumpang itu akan terus meningkat kalau promosi dan sosialisasi gencar dilakukan. Apalagi Kota Solo adalah salah satu embarkasi haji besar di Jawa, selain Jakarta dan Surabaya. Kuotanya yang semula 74 kloter (satu kloter 220 penumpang) kini bertambah 20 menjadi 94 kloter, setelah kunjungan Raja Salman. Menurut Aryo, banyaknya jamaah haji di suatu embarkasi biasanya menjadi cerminan banyaknya jamaah umrah.

Karena itu, pihak manajemen Garuda akan terus menggenjot penumpang jamaah umrah dengan menggendeng para biro perjalanan haji dan umrah, asosiasi, dan pihak pihak terkait. Tidak hanya di Solo dan sekitar, tapi di berbagai daerah di Jawa Tengah dan Yogyakarta. “Kita berencana membuka rute penerbangan Solo-Madinah, kalau kondisi perekonomian nasional terus membaik dan jamaah umrah juga meningkat,” kata dia.

Terkait hasil GATF (Garuda Indonesia Travel Fair) yang digelar beberapa hari sebelumnya, Aryo mengaku hasilnya cukup memuaskan dan cukup efektif untuk menggaet calon penumpang. Selama tiga hari, transaksinya mencapai Rp 4,6 miliar dari target Rp 4 M. Pihak Garuda akan menggelar event serupa pada Oktober mendatang.

(Langgeng Widodo/CN19/SMNetwork)

Comments

comments

Garuda Indonesia Solo Garap Pasar Timur Tengah Reviewed by on . [caption id="attachment_11474" align="alignleft" width="300"] PARKIR DI APRON : Pesawat Citilink (Garuda Indonesia Group) tengah parkir di apron Bandara Adi Soe [caption id="attachment_11474" align="alignleft" width="300"] PARKIR DI APRON : Pesawat Citilink (Garuda Indonesia Group) tengah parkir di apron Bandara Adi Soe Rating: 0
scroll to top