Fasilitas KITE Dorong IKM Lakukan Ekspor | suaramerdeka.com
Home » Bisnis » Fasilitas KITE Dorong IKM Lakukan Ekspor

Fasilitas KITE Dorong IKM Lakukan Ekspor

21 April 2017 16:02 WIB Category: Bisnis, Ekonomi A+ / A-
Stand UMKM produk unggulan. (suaramerdeka.com/Cun Cahya)

Stand UMKM produk unggulan. (suaramerdeka.com/Cun Cahya)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Fasilitas berupa Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE) yang diluncurkan Presiden RI Joko Widodo belum lama ini diharapkan dapat mendorong Industri Kecil dan Menengah (IKM) Jawa Tengah untuk melakukan ekspor.

“Fasilitas KITE ini diharapkan dapat dimanfaatkan dengan baik oleh IKM di Jawa Tengah. Kemudahan KITE yang diberikan semula diperuntukkan oleh pengusaha besar, namun Presiden Joko Widodo telah meluncurkan fasilitas KITE tersebut khusus untuk IKM,” tutur Komite Tetap Perdagangan Internasional Kadin Jateng, Johan Santoso, Jumat (21/4).

Johan menuturkan, kemudahan yang diberikan ini sejalan dengan Paket Kebijakan Ekonomi Pemerintah Jilid I yang mengamanatkan untuk melakukan deregulasi peraturan yang mendukung Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), yang didalamnya termasuk IKM. Dengan fasilitas KITE IKM, rantai pasok ini akan  dipotong, dan bea masuk dan PPN impornya juga dibebaskan.

Mereka akan memperoleh bebas biaya masuk dan bebas PPN. Adapun, selama ini biaya masuk mencapai 5%-30% dari nilai produk yang diimpor. Dengan bebas biaya masuk dan bebas PPN ini maka pelaku alokasi dana IKM yang selama ini dikeluarkan untuk kedua biaya tersebut bisa dialokasikan sebagai perluasan dan pengembangan usaha memperkuat modal kerja.

Pihaknya akan memaparkan kemudahan fasilitas KITE pada acara Kadin Jateng ”Sosialisasi KITE IKM Dalam Memenangkan Pasar Bebas” di Hotel Grasia, Rabu (26/4) mendatang. Sebanyak 100 IKM di Jateng akan diundang pada sosialisasi tersebut. Mereka selama ini telah melakukan pasar ekspor berupa aneka produk. Antara lain, kerajinan, furnitur, garmen, alas kaki dan masih banyak lagi.

Direktur PT Rodeo Prima Jaya itu mengatakan, selama ini Rodeo telah memanfaatkan fasilitas KITE sejak tahun 1990. Perusahaan yang bergerak di bidang tekstil tersebut telah merambah pasar ekspor sampai Amerika.

“Dengan bebas biaya masuk dan bebas PPN sangat membantu sekali. Sebab, produk pakaian jadi termasuk kategori larang terbatas di Bea Cukai. Produk tersebut selama ini menjadi perhatian khusus seiring maraknya penyelundupan barang terlarang. Tekstil mengalami proses pengecekan yang sangat ketat. Dengan fasilitas KITE ini maka proses impor bahan baku menjadi lancar. Jarang sekali kontainer kami masuk jalur merah,” terangnya.
(Fista Novianti/CN41/SMNetwork)

Comments

comments

Fasilitas KITE Dorong IKM Lakukan Ekspor Reviewed by on . [caption id="attachment_5542" align="alignnone" width="300"] Stand UMKM produk unggulan. (suaramerdeka.com/Cun Cahya)[/caption] SEMARANG, suaramerdeka.com - Fas [caption id="attachment_5542" align="alignnone" width="300"] Stand UMKM produk unggulan. (suaramerdeka.com/Cun Cahya)[/caption] SEMARANG, suaramerdeka.com - Fas Rating: 0
scroll to top