Efektif, Pemasaran Produk Melalui Media Sosial | suaramerdeka.com
Home » Bisnis » Efektif, Pemasaran Produk Melalui Media Sosial

Efektif, Pemasaran Produk Melalui Media Sosial

7 Mei 2017 16:15 WIB Category: Bisnis, UMKM A+ / A-
BELAJAR: Salah satu kegiatan kunjungan pembelajaran anggota cluster pegiat tanaman hidroponik Kudus di kebun hidroponik, di Dusun Kuthan, Desa Sedayu, Muntilan Magelang. (suaramerdeka.com/Ruli Aditio)

BELAJAR: Salah satu kegiatan kunjungan pembelajaran anggota cluster pegiat tanaman hidroponik Kudus di kebun hidroponik, di Dusun Kuthan, Desa Sedayu, Muntilan Magelang. (suaramerdeka.com/Ruli Aditio)

KUDUS,suaramerdeka.com - Meski masih tergolong baru, pola pemasaran dengan menggunakan media online yang dilakukan oleh cluster pertanian tanaman hidroponik masih tergolong efektif, bahkan dengan secara signifikan. Bahkan ini juga efektif untuk memperluas jaringan pemasaran, dan sekaligus menjadi peluang untuk mendapatkan konsumen baru.

Ketua Cluster Pertanian Tanaman Hidroponik, Nanang Naharuddin Ahmad saat kegiatan pelatihan kemarin menjelaskan, memang persoalan utama saat ini masih seputar pemasaran, dan melalui media online diharapkan membuka pintu peluang pemasaran. “Sampai saat ini masih banyak bermunculan pemain baru pegiat tanaman hidroponik, hanya saja mereka masih belum memiliki akses untuk memasarkan hasil budidaya tanaman tersebut,” paparnya.

Di sisi lain, lanjut dia, permintaan untuk tanaman ini utamanya jenis sayuran cukup banyak. Bahkan tak jarang stok kosong, sehingga konsumen harus menunggu sampai panen kembali. “Oleh karena itu kami mengajak mereka para pemula untuk berkolaborasi, sehingga sama-sama mendapatkan keuntungan,” ujarnya.

Terkait dengan pemanfaatan media sosial, Nanang menjelaskan untuk saat ini masih menggunakan akun fanpage Facebook karena akun tersebut sudah banyak dikenal masyarakat. “Awalnya media sosial sebagai alternatif untuk memasarkan produk, namun pada akhirnya justru menjadi alat pemasaran yang utama. Meski tahapannya masih rintisan,” jelasnya.

(Ruli Aditio/CN38/SM Network)

Comments

comments

Efektif, Pemasaran Produk Melalui Media Sosial Reviewed by on . [caption id="attachment_12100" align="alignnone" width="300"] BELAJAR: Salah satu kegiatan kunjungan pembelajaran anggota cluster pegiat tanaman hidroponik Kudu [caption id="attachment_12100" align="alignnone" width="300"] BELAJAR: Salah satu kegiatan kunjungan pembelajaran anggota cluster pegiat tanaman hidroponik Kudu Rating: 0
scroll to top