Ditengok Menaker, UMKM Berharap Tambahan Modal dan Peralatan | suaramerdeka.com
Home » Bisnis » Ditengok Menaker, UMKM Berharap Tambahan Modal dan Peralatan

Ditengok Menaker, UMKM Berharap Tambahan Modal dan Peralatan

17 Maret 2017 22:30 WIB Category: Bisnis, UMKM A+ / A-
Ditengok Menaker, UMKM Berharap tambahan Modal dan Peralatan

MENGGORENG GULA KACANG : Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri mencoba menggoreng makanan ringan gula kacang di salah satu kelompok usaha JP Kurnia RT 03, RW 03, Kalibening, Jumat (17/3). (Foto suaramerdeka.com/Muhammad Kundori)

TINGKIR, suaramerdeka.com – Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri melakukan kunjungan kerja di Salatiga, salah satunya meninjau kelompok usaha masyarakat UMKM di Kalibening Salatiga, Jumat (17/3). Salah satu kelompok usaha itu adalah JP Kurnia dan peternakan kambing di RT 03, RW 03, Kalibening, Tingkir.

Hanif Dhakiri Dhakiri mengatakan kunjungan ke Salatiga ini untuk melihat perkembangan usaha masyarakat yang sebelumnya dibantu oleh Kementerian Ketenagakerjaan terutama masalah pelatihan-pelatihan.

Tampak hadir dalam kunjungan itu Pj Wali Kota Achmad Rofai, Kepala Dinas Perindustrian dan Ketenagakerjaan Salatiga Srijoko Nurhadi, dan para Forkopimda. Sebelumnya, Menaker juga mengunjungi Pesantren Yayasan Raudlatut Ta’alum Canden RT 4 RW 3 Kutowonangun, Tingkir.

“Saya ingin tahu sejauh mana perkembangan kelompok usaha masyarakat ini dalam menjalankan usahanya. Sekaligus kendala-kendala apa saja yang kemudian bisa dicarikan solusi,” kata alumnus IAIN Salatiga ini.

Ditambahkan, dari hasil kunjungannya itu, sejumlah palaku usaha itu mengeluh lantaran kekurangan modal dan peralatan. Selain itu akses pemasaran juga menjadi kendala bagi para pelaku usaha mikro ini. Selama ini mereka memasarkan produk dengan ruang lingkup sang sempit yaitu Salatiga dan sekitarnya. Ke depan bisa diupayakan lebih meluas lagi.

“Dari keluhan-keluhan para pelaku usaha itu nantinya kan menjadi masukan bagi pemerintah. Intinya Pemerintah akan mendorong mereka untuk berkembang lebih besar. Termasuk membantu permodalan dan peralatan yang dibutuhkan guna meningkatkan usaha,” tuturnya.

Menurut Hanif, basis dari usaha masyarakat yang didorong untuk berkembangan ini adalah kelompok. Ada beberapa kelompok yang mengembangkan usaha berfariasi seperti peternakan kambing, dan pengolahan makanan ringan.

Ketua kelompok usaha JP Kurnia di RT 03, RW 03, Kalibening Ahsin Widodo saat dikunjungi Menaker mengatakan, saat ini kelompok usahanya memproduksi aneka makanan ringan seperti gula kacang, bakpia, donat, kripik kulit, kerupuk tahu, dan lainnya. Beberapa waktu lalu, kelompoknya mendapat pelatihan usaha dari Menaker bersama kelompok lain. Usahanya pun berkembang namun kini pihaknya perlu bantuan peralatan dam modal

“Peralatan yang kami butuhkan misalnya mesin pengering atau pemeras minyak keripik. Sebab musim hujan seperti ini, memerlukan waktu berhari-hari agar aneka keripik dan makanan ringan ini bisa kering dan layak jual,” tuturnya.

Sedangkan mengenani permodalan, lanjut Ahsin, dibutuhkan untuk mengembangkan usaha seperti pemasaran. Sejauh ini produksi yang dititipkan di warung-warung kebanyakan sistem nitip membayar belakang sehingga perlu modal lagi guna mengembangkan produksi.

“Kami juga perlu penambahan dapur untuk menambah jumlah produksi. Itu tentu perlu tambahan modal dana,” jelasnya.

(Muhammad Kundori/CN19/SMNetwork)

 

Comments

comments

Ditengok Menaker, UMKM Berharap Tambahan Modal dan Peralatan Reviewed by on . [caption id="attachment_11502" align="alignleft" width="300"] MENGGORENG GULA KACANG : Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri mencoba menggoreng makanan ringan g [caption id="attachment_11502" align="alignleft" width="300"] MENGGORENG GULA KACANG : Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri mencoba menggoreng makanan ringan g Rating: 0
scroll to top