Di Tengah Pembenahan, AJB Catat Pertumbuhan Positif | suaramerdeka.com
Home » Bisnis » Di Tengah Pembenahan, AJB Catat Pertumbuhan Positif

Di Tengah Pembenahan, AJB Catat Pertumbuhan Positif

19 Mei 2017 12:11 WIB Category: Bisnis A+ / A-
Foto: Istimewa

Foto: Istimewa

JAKARTA, suaramerdeka.com - Di tengah pembenahan untuk menyehatkan usahanya PT Asuransi Jiwa Bumiputera (AJB) mengklaim sejak tiga bulan terakhir ini ada pertumbuhan positif.

Per Februari 2017 perusahaan asuransi tertua di Indonesia itu membukukan premi Rp50 miliar per bulan. Premi tersebut diperoleh dari 12 ribu pemegang polis.

“Kita baru resmi beroperasi Maret. Premi lumayan pertumbuhannya,” kata Wiroyo Karsono, Direktur Utama AJB, usai penandatanganan kerjasama Cash Manajement dengan Bank BRI di Kantor Pusat BRI, Jakarta, Jumat (19/5).

Wiroyo menegaskan, tahun ini adalah masa konsolidasi dengan memperkuat fundamental layanan. “Kita punya produk yang mirip (dengan AJBB 21912), tetapi kita modifikasi. Ada 11 produk yang kita jual. AJBB punya 6,5 juta polis, kita bisa lakukan reseling untuk produk baru,” katanya.

Dia mengungkapkan, saat ini AJB telah mempunyai 25 kantor wilayah yang tersebar di kota-kota besar, 325 kantor cabang, dengan 21 ribu lebih agen profesional.

Untuk meningkatkan layanan nasabah, AJB mengganeng BRI dengan memanfaatkan layanan virtual account Briva milik BRI. “60 persen nasabah kita membayar premi secara bulanan dan triwulanan. Jadi frekuensinya sangat tinggi, sehingga cocok disuport Briva,” katanya.

AJB yang memiliki 6,7 juta nasabah sebelumnya dikabarkan mengalami kerugian besar akibat mismatch. Kekayaan yang dimiliki tak sebanding dengan kewajibannya. Untuk menyehatkan perusahaan diperlukan dana segar sekitar Rp3 triliun.

Saat ini AJB sudah menemukan konsorsium yang antara lain beranggotakan Erick Thohir. Bahkan sebagian dari komitmen suntikan modal Rp3 triliun sudah disetor oleh konsorsium. Untuk menambah kemampuan pendanaan, Bumiputera Property (anak perusahaan) telah menerbitkan surat utang senilai Rp 3,3 triliun.

Tambahan dana juga bakal didapat lewat bagi hasil dari anak perusahaan lainnya, Bumiputera Life. Selain itu akan ada penerimaan premi dari operasional PTAsuransi Jiwa Bumiputera. Nantinya bisnis asuransi akan dilanjutkan dengan mencari pemegang polis baru lewat PT Asuransi Jiwa Bumiputera. Sedangkan AJB Bumiputera hanya mengelola pemegang polis lama.

Direktur Kelembagaan BRI, Kuswiyoto di kesempatan yang sama mengatakan, sinergi keduanya akan memberikan manfaat yang optimal bagi nasabah, dan para agen baik agen BRILink maupun agen AJB.

“Saat ini kita memiliki 150 ribu agen BRILink di 75 ribu desa. Jadi satu desa ada 2 agen BRILink di sana. Silahkan kalau AJB mau menjadikan agen BRILink sebagai agen AJB. Silahkan, biar agen mendapatkan penghasilan lebih,” pungkas Kuswiyoto.

(Wahyu Atmaji/ CN33/ SM Network)

Comments

comments

Di Tengah Pembenahan, AJB Catat Pertumbuhan Positif Reviewed by on . [caption id="attachment_4572" align="alignnone" width="300"] Foto: Istimewa[/caption] JAKARTA, suaramerdeka.com - Di tengah pembenahan untuk menyehatkan usahany [caption id="attachment_4572" align="alignnone" width="300"] Foto: Istimewa[/caption] JAKARTA, suaramerdeka.com - Di tengah pembenahan untuk menyehatkan usahany Rating: 0
scroll to top