35 Pelaku UMKM Dapat Sertifikasi Tanah Gratis | suaramerdeka.com
Home » Bisnis » 35 Pelaku UMKM Dapat Sertifikasi Tanah Gratis

35 Pelaku UMKM Dapat Sertifikasi Tanah Gratis

18 April 2017 21:50 WIB Category: Bisnis, UMKM A+ / A-
BERFOTO: Plt Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Slamet Setyobudi dan Kepala Kantor Pertanahan Salatiga Mangapul berfoto bersama para pelaku UMKM  di Kantor Pertanahan Selasa (18/4). (suaramerdeka.com/Moch Kundori)

BERFOTO: Plt Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Slamet Setyobudi dan Kepala Kantor Pertanahan Salatiga Mangapul berfoto bersama para pelaku UMKM di Kantor Pertanahan Selasa (18/4). (suaramerdeka.com/Moch Kundori)

SIDOREJO, suaramerdeka.com - Sedikitnya 35 orang pelaku usaha menengah, kecil, dan mikro (UMKM) di Salatiga mendapatkan sertifikat tanah atas hak mereka secara gratis yang difasilitasi pemkot bekerjasama dengan Kantor Pertanahan Salatiga. Penandatangan kerjasama antara pemkot melalui Dinas Koperasi dan UMKM dengan pihak Kantor Pertanahan Salatiga, dilakukan di Kantor Pertanahan Selasa (18/4). Pihak Pemkot diwakili Plt Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Slamet Setyobudi dan Kepala Kantor Pertanahan Salatiga Mangapul.

Kepala Kantor Pertanahan Salatiga Mangapul menyambut positif kerjasama ini yaitu membantu para pelaku usaha kecil. Dengan penerbitan sertifikat tanah ini, diharapkan bisa meningkatkan kesejahteraan para pelaku usaha itu. Misalnya bisa mengagunkan sertifikat tanah itu untuk meminjam uang di perbankan guna menambah modal.

“Pesan saya kepada para pelaku usaha ini, bahwa setelah memiliki sertifikat tanah, kemudian tanahnya jangan dijual. Manfaatkan sertifikat ini dengan baik di antaranya mengagunkan sertifikat sebagai jaminan meminjam uang di bank untuk tambahan modal usaha agar berkembang usahanya,” katanya.

Mangapul berharap, ke depan jumlah warga yang perlu dibantu untuk pensertifikatan tanah bisa ditambah. Berapa pun jumlahnya, tambah dia, Kantor Pertanahan Salatiga siap melayani dan ikut membantu mereka.

Plt Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Slamet Setyobudi mengatakan, dengan penserifikatan ini selain membuat tenang para pelaku UMKM karena memiliki sertifikat, juga diharapkan usaha para pelaku UMKM ini bisa berkembang. Sebab, persyaratan untuk mendapatkan dana bergulir harus dengan agunan sertifikat. “Ini wujud kepedulian pemkot untuk membantu para pelaku UMKM di Salatiga. Sudah ada contoh pelaku UMKM yang dulunya kecil, sekarang berkembang karena tambahan modal itu. Kami berharap semua usaha kecil ini bisa berkembang,” tuturnya.

Susilo (62), warga Kutowinangun Tingkir mengaku sangat terbantu dengan sertifikat gratis ini. Selama ini tanah pribadinya belum bersertifikat tetapi kali ini sudah memiliki sertifikat. Ia akan memanfaatkan sertifikatnya untuk tambahan modal usaha dengan mengagunkan di bank atau yang lainnya. “Ini wujud kepedulian Pemkot terhadap pelaku usaha kecil. Semoga sertifikat tanah nanti berguna untuk pinjaman modal. Saya tidak menjual tanah saya karena saya tempati sehari-hari,” kata perajin tahu tempe ini.

(Moch Kundori/CN38/SM Network)

Comments

comments

35 Pelaku UMKM Dapat Sertifikasi Tanah Gratis Reviewed by on . [caption id="attachment_11862" align="alignnone" width="300"] BERFOTO: Plt Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Slamet Setyobudi dan Kepala Kantor Pertanahan Salatiga [caption id="attachment_11862" align="alignnone" width="300"] BERFOTO: Plt Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Slamet Setyobudi dan Kepala Kantor Pertanahan Salatiga Rating: 0
scroll to top