Minggu , 26 Maret 2017

Home » Suara Pantura » Berburu Madrasah Unggul, MAN Insan Cendekia Menjadi Incaran

Berburu Madrasah Unggul, MAN Insan Cendekia Menjadi Incaran

19 Maret 2017 8:48 WIB Category: Suara Pantura Dikunjungi: kali A+ / A-
ikuti ujian madrasah. (SM/dok)

ikuti ujian madrasah. (SM/dok)

PEKALONGAN, suaramerdeka.com - Ribuan lulusan MTs dan SMP ambil bagian memperebutkan kursi Madrasah Aliyah Insan Cendekia (MAN IC). Datang dari segenap penjuru negeri tidak kurang dari 7.582 putra-puteri terbaik mengikuti seleksi Penerimaan Peserta Didik baru (PPDB) di 38 titik test, Sabtu (18/3).

Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) M. Nur Kholis Setiawan mengatakan bahwa banyaknya animo masyarakat menyekolahkan putra-puterinya menandakan bahwa MAN IC sudah melekat di hati masyarakat karena berprestasi.

M. Nur Kholis melanjutkan kini madrasah menjadi pilihan, karena makin hari performanya semakin baik. Tidak lagi menjadi lembaga pendidikan kelas dua, tutur Nur Kholis. “Prestasi peserta didik MAN Ic dalam berbagai even baik regional, nasional bahkan internasional telah mengkapiralisasi ingatan public bahwa madrasah ini memang unggul.”

Pelaksanaan PPDB MAN IC di Kota Pekalongan diikuti oleh 378 peserta berasal tidak saja dari Jawa Tengah juga berasal dari Jawa Timur, Jakarta dan Jawa Barat.

M. Munir, Kabag Organisasi Kepegawaian dan Hukum Ditjen Pendidikan Islam yang memantau ujian memberikan apresiasi kepada panitia yang telah mengggelar pelaksanaan test dengan tepat waktu dan tidak mengalami kendala yang berarti.

Selain M. Munir, hadir melakukan pemantuan adalah Tim Monitoring Inspektorat Jenderal yang di pimpin oleh Ali Zakiuddin, Ruchman Basori PMU MAN Insan Cendekia, Dadang Asdari Direktorat KSKK, Ali Fahrudi Kasubbag Sekretaris Menteri, Aini Sa’adah Bidang Penma Kanwil Kemenag Jawa Tengah, Imam Tobroni Kepala Kemenag Kota Pekalongan dan tim Institut Assesment Indonesia Ihwan Luthfi dan Alfiannur Lutfi Hasanain.

Pendapat Direktur KSKK ini tidak bertepuk sebelah tangan. Maesaroh orang tua dari M. Abdulloh Aufa Al-Ghifari peserta PPBD dari MTs Al-Hikmah 2 Benda Brebes mengamini, bahwa MAN IC dianggap sebagai madrasah unggul, madrasah hebat dengan banyak prestasi. “saya tertarik menyekolahkan putra kami ke MAN IC karena banyak alumninya yang bisa melanjutkan ke luar
negeri” katanya.

Nur Rokhim Guru MTs Al Adhar Cikeusal Kidul Ketanggungan yang juga puterinya mengikuti seleksi mengatakan saya mengenal MAN IC telah mengalahkan berbagai SMA unggul di beberapa provinsi dimana madrasah ini ada. “Saya ingin puteri kami mendapatkan kesempatan mengikuti pendidikan di madrasah unggul ini”.

Sementara itu Ahmad Najid, Plt. Kepala MAN IC Kota Pekalongan melaporkan secara umum pelaksanaan seleksi PPDB di Kota Pekalongan berjalan lancer. “Saya bangga karena pada tahun ini pendaftar PPDB yang memilih MAN IC Kota Pekalongan meningkat dari berbagai latar belakang social ekonimi masyarakat”.

Diakui oleh Ahmad Najid, kendatipun baru 2 tahun MAN IC Kota Pekalongan mempunyai prestasi yang cukup membanggakan, di samping prestasi akademik juga 8 diantara siswanya telah hafidz Al-Quran 10 Juz.

Ujian PPDB Man IC digelar di 29 Provinsi dengan 38 tempat tes, antara lain: MAN IC, Kantor Kanwil Kementerian Agama Provinsi, dan madrasah sekitar yang ditunjuk. Hasil tes ujian penerimaan MAN IC ini akan diumumkan pada 10 April mendatang.

(Rosikhan/ CN34/ SM Network)

Berburu Madrasah Unggul, MAN Insan Cendekia Menjadi Incaran Reviewed by on . [caption id="attachment_980717" align="alignnone" width="400"] ikuti ujian madrasah. (SM/dok)[/caption] PEKALONGAN, suaramerdeka.com - Ribuan lulusan MTs dan SM [caption id="attachment_980717" align="alignnone" width="400"] ikuti ujian madrasah. (SM/dok)[/caption] PEKALONGAN, suaramerdeka.com - Ribuan lulusan MTs dan SM Rating: 0