Maman Supratman, 40 Tahun Setia Sebagai Guru Honorer | suaramerdeka.com

Sabtu , 24 Juni 2017

Home » Bebrayan » Maman Supratman, 40 Tahun Setia Sebagai Guru Honorer

Maman Supratman, 40 Tahun Setia Sebagai Guru Honorer

22 September 2015 15:49 WIB by: Category: Bebrayan, suara warga A+ / A-
Foto: Lokerpuisi

Foto: Lokerpuisi

PERIBAHASA yang menyebut “guru sebagai pahlawan tanpa tanda jasa” nampaknya masih berlaku hingga hari ini. Saking ampuhnya peribahasa itu, kerapkali ironi dihadapi para pengajar yang masih berstatus sebagai honorer. Pengabdian mereka seolah tertutup hingar bingar perebutan dinasti kekuasaan. Seperti yang dialami Maman Supratman, guru honorer berusia 75 tahun yang masih setia mengabdi selama 40 tahun.

Sederet mata pelajaran pernah diampu guru yang mengajar mulai tahun 1974 itu. Mulai Biologi, Fisika, Matematika, Keterampilan, dan saat ini beliau mengajar mata pelajaran Seni Budaya. Maman mengajar di SMPN PGRI Pondok Gede dan SMPN 17 Bekasi.

Guru senior yang berdomisili di Chandra Baru, Jati Rahayu, Pondok Melati, itu, belum berubah statusnya meski pengabdian yang dilakukannya melebihi para juniornya. Sayangnya, pihak dinas hingga kementerian terkait seolah masih berdiam diri melihat kondisi ini. Jangankan beliau yang lebih dari 30 tahun berprofesi sebagai guru honorer. Guru yang berusia lebih muda dengan status tersebut, juga masih kerap ditemui di seluruh pelosok negeri.

Hal ini tentu menjadi ironi di negeri yang dikatakan sebagai negeri berkembang. Di saat pendidikan harus diterima seluruh anak usia sekolah, di saat yang sama, para pengajar tidak memperoleh sokongan penghargaan yang semestinya. Akankah peribahasa “pahlawan tanpa tanda jasa” berimbas pada abainya pemerintah pada beliau-beliau yang telah membesarkan mereka dengan ilmu?
(Fadhil/CN41/SMNetwork)

Comments

comments

Maman Supratman, 40 Tahun Setia Sebagai Guru Honorer Reviewed by on . [caption id="attachment_984" align="alignleft" width="225"] Foto: Lokerpuisi[/caption] PERIBAHASA yang menyebut "guru sebagai pahlawan tanpa tanda jasa" nampakn [caption id="attachment_984" align="alignleft" width="225"] Foto: Lokerpuisi[/caption] PERIBAHASA yang menyebut "guru sebagai pahlawan tanpa tanda jasa" nampakn Rating: 0
scroll to top