Sabtu , 24 Juni 2017

Home » Pulang Kampung 2017 » Arus Mudik di Kendal Relatif Lancar

Arus Mudik di Kendal Relatif Lancar

19 Juni 2017 18:55 WIB Category: Pulang Kampung 2017 Dikunjungi: kali A+ / A-
Sejumlah pemudik dari arah barat melintas di Jalan Soekarno Hatta kawasan Alun-alun Kendal. Pada H-6, arus mudik di Kendal masih relatif lancar. (Foto: suaramerdeka.com/Rosyid Ridho)

Sejumlah pemudik dari arah barat melintas di Jalan Soekarno Hatta kawasan Alun-alun Kendal. Pada H-6, arus mudik di Kendal masih relatif lancar. (Foto: suaramerdeka.com/Rosyid Ridho)

KENDAL, suaramerdeka.com – Memasuki H-6 Idul Fitri 1 Syawal 1438 H arus mudik yang melintas di Kabupaten Kendal relatif lancar. Sejumlah mobil berpelat nomor luar kota seperti B, D, F, G, maupun pelat nomor lainnya mulai memasuki Kendal dari arah barat. Di atas mobil juga terdapat barang bawaan.

Sementara iring-iringan sepeda motor baik sendiri maupun berboncengan juga terlihat melintasi kabupaten yang memiliki slogan Kendal Beribadat ini. Pemudik sepeda motor beberapa di antaranya beristirahat di rest area maupun tepi jalan untuk melepas lelah setelah menempuh perjalanan jauh.

Kepala Dinas Perhubungan Kendal, Moh Toha, mengatakan, arus mudik di Kabupaten Kendal mulai terasa sejak Sabtu (17/6) silam. Meski terjadi peningkatan volume kendaraan, tetapi arus lalu lintas masih lancar.

‘’Saya berharap semakin banyak yang lebih cepat pulang kampung, sehingga bisa mengurangi jumlah kendaraan dan tidak menyebabkan kemacetan parah pada puncak arus mudik yang kami prediksi terjadi antara H-3 hingga H-1,’’ kata dia, Senin (19/6).

Dikatakan, jika pada dalam dua hari terakhir ini jumlah kendaraan  yang melintas terus meningkat, justru bagus, dengan begitu pada puncak arus mudik yang melalui jalan raya bisa ditekan. Dinas Perhubungan juga menyiapkan antisipasi jika terjadi kepadatan di Kendal karena difungsikannya pintu keluar tol di Gringsing, Kabupaten Batang.

‘’Pemudik dari arah barat dengan tujuan Solo/Yogya bisa melewati Sukorejo sampai ke Temanggung, Secang, dan Magelang bagi yang tujuan Yogya. Sementara pemudik tujuan Solo setelah sampai di Sukorejo ke timur hingga Kecamatan Patean dan Singorojo, melalui Boja, Limbangan dan sampai di Kecamatan Sumowono, Kabupaten Semarang,’’ tambahnya.

Saat ini arus mudik masih di dominasi pemudik bermobil dibanding sepeda motor. Namun begitu, Toha menyatakan, tidak tahu persis jumlah pemudik yang masuk ke Kendal setiap jamnya. Hal itu karena Dinas Perhubungan Kendal belum melakukan penghitungan jumlah kendaraan yang masuk di Kendal.

Toha menambahkan, selain pemudik jalur darat, pemudik jalur laut di Pelabuhan Tanjung Kendal sudah mulai menggeliat. Pada Minggu (18/6) dini hari, pemudik dari Kumai, Kalimantan Tengah mulai dating. Pemudik itu berasal dari berbagai kota di Jateng, Jatim, maupun Jabar.
(Rosyid Ridho/CN41/SMNetwork)

Arus Mudik di Kendal Relatif Lancar Reviewed by on . [caption id="attachment_1079870" align="alignnone" width="400"] Sejumlah pemudik dari arah barat melintas di Jalan Soekarno Hatta kawasan Alun-alun Kendal. Pada [caption id="attachment_1079870" align="alignnone" width="400"] Sejumlah pemudik dari arah barat melintas di Jalan Soekarno Hatta kawasan Alun-alun Kendal. Pada Rating: 0