Kamis , 27 April 2017

Home » Suara Kedu » Agustus Konstruksi Bandara NYIA Dimulai

Agustus Konstruksi Bandara NYIA Dimulai

21 April 2017 23:00 WIB Category: Suara Kedu Dikunjungi: kali A+ / A-
PENINJAUAN: Menteri BUMN, Rini Soemarno tiba di Satradar Congot, Temon, Kulonprogo untuk melakukan pertemuan dengan jajaran direksi PT Angkasa Pura I dalam peninjauan ke lokasi lahan pembangunan bandara NYIA, Jumat (21/4). (suaramerdeka.com/Panuju Triangga)

PENINJAUAN: Menteri BUMN, Rini Soemarno tiba di Satradar Congot, Temon, Kulonprogo untuk melakukan pertemuan dengan jajaran direksi PT Angkasa Pura I dalam peninjauan ke lokasi lahan pembangunan bandara NYIA, Jumat (21/4). (suaramerdeka.com/Panuju Triangga)

KULONPROGO, suaramerdeka.com – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno, menargetkan persoalan pengosongan lahan pembangunan bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) di wilayah Kecamatan Temon, Kulonprogo bisa selesai akhir Mei. Dengan demikian konstruksi bisa dimulai Agustus 2017 mendatang. Hal itu disampaikan Rini Soemarno usai melakukan pertemuan dengan jajaran direksi PT Angkasa Pura I di Satradar Congot, Temon, dalam peninjauan ke lokasi lahan pembangunan bandara, Jumat (21/4).

Dalam peninjauan itu Rini ingin melihat secara langsung kondisi di lapangan dan perkembangannya setelah sebelumnya ada rapat terbatas dengan Presiden, Wakil Presiden, dan Gubernur DIY di Jakarta. “Saya ingin betul melihat ke lapangan dan melihat apa persoalan-persoalannya, karena kita menargetkan Maret 2019 harus sudah bisa beroperasi,” kata Rini didampingi Dirut PT Angkasa Pura I, Danang S Baskoro.

Dalam pertemuan itu juga dibicarakan adanya warga terdampak yang mengambil relokasi yang belum bisa pindah dan mengosongkan lahan. Rini mendukung warga tersebut pindah sebelum akhir Mei mendatang sehingga pengosongan lahan bisa diselesaikan. Untuk itu pihaknya memberikan instruksi kepada PT Angkasa Pura I untuk menyiapkan fasilitas sosial (fasos) dan fasilitas umum (fasum) di lokasi relokasi agar warga lebih nyaman untuk pindah.

“Oleh karena itu saya ingin melihat secara langsung di lapangan seperti apa, sehingga persoalan-persoalan yang ada bisa kita selesaikan selambat-lambatnya akhir Mei, sehingga pembangunan itu secara full sudah bisa dimulai, sebetulnya Juli land clearing sudah harus kita lakukan tapi secara konstruksi kita harapkan Agustus sudah full kita lakukan untuk runway maupun untuk terminal,” tuturnya.

Mengenai usulan dari Pemkab Kulonprogo mengenai pengunduran waktu pengosongan lahan bagi warga terdampak yang mengambil relokasi, Rini mengatakan, hal itu sudah dibicarakan dalam pertemuan tersebut termasuk dengan Dirut PT Angkasa Pura I dan sudah diberi waktu mundur sampai akhir Mei. Rini juga menekankan agar betul-betul melakukan pendekatan dengan warga terdampak tersebut untuk mengetahui persoalan apa yang menyebabkan mereka meminta mundur. “Yang saya dengar kemungkinan kesiapan fasos fasum-nya di area baru itu, sehingga saya minta sudah lah Angkasa Pura I menyiapkan fasos fasum-nya di sana agar warga lebih nyaman,” katanya.

Terkait belum siapnya rumah-rumah baru bagi warga di lahan relokasi, menurut Rini, rumah sebetulnya sudah menjadi bagian dari kalkulasi pemberian ganti rugi lahan. “Kalau rumah itu kan sebetulnya sudah jadi bagian dari kalkulasi pergantian lahan yang ada,” imbuhnya.

Rini menambahkan, saat ini progress di lapangan selain land clearing dan pemagaran juga sedang dilakukan mitigasi resiko oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Hal itu dilakukan karena di lokasi lahan pembangunan ternyata pada musim-musim tertentu ada potensi penumpukan pasir (sand dune /gumuk pasir) karena angin. Selain itu juga mitigasi migrasi burung serta soil test karena sangat dekat dengan laut dan dulunya ada sejarah tsunami.

(Panuju Triangga/CN38/SM Network)

Agustus Konstruksi Bandara NYIA Dimulai Reviewed by on . [caption id="attachment_1017745" align="alignnone" width="400"] PENINJAUAN: Menteri BUMN, Rini Soemarno tiba di Satradar Congot, Temon, Kulonprogo untuk melakuk [caption id="attachment_1017745" align="alignnone" width="400"] PENINJAUAN: Menteri BUMN, Rini Soemarno tiba di Satradar Congot, Temon, Kulonprogo untuk melakuk Rating: 0