Minggu , 25 Juni 2017

Home » Solo Metro » 800 Warga Karanganyar Mudik Gratis

800 Warga Karanganyar Mudik Gratis

20 Juni 2017 3:43 WIB Category: Solo Metro Dikunjungi: kali A+ / A-
MUDIK GRATIS: Para pemudik gratis dari Jakarta tiba di Alun-alun dijemput Bupati dan Wabup. (suaramerdeka.com/Joko Dwi Hastanto)

MUDIK GRATIS: Para pemudik gratis dari Jakarta tiba di Alun-alun dijemput Bupati dan Wabup. (suaramerdeka.com/Joko Dwi Hastanto)

KARANGANYAR, suaramerdeka.com – Sebanyak 800 warga Karanganyar di ibukota mendapatkan fasiltas mudik gratis. Mereka dijemput di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) pada Minggu siang dan tiba di Karanganyar Senin pagi sekitar pukul 03.30 saat sahur.

Mereka dilepas dan kemudian dijemput lagi Bupati Julyatmono dan Wabup Rohadi Widodo serta dijamu makan sahur bersama di Alun-alun Karanganyar, sebelum kemudian mereka dijemput atau pulang ke kampung halamannya di berbagai daerah.

Kadishub Sundoro kepada Suara Merdeka mengatakan, mudik gratis ini memang menjadi budaya bagi Pemkab Karanganyar dalam memudahkan warganya pulang kamung menikmati lebaran bersaa keluarga besarnya.

‘’Karena setiap tahun minat mereka pulang kampung begitu menggebu karena ada yang memang hanya setahun sekali itu pulang kampung, maka kita memfasilitasi. Mereka kta jemput setelah sebelumnya mendaftar di Paguyuban Warga Karanganyar di Jakarta,’’ kata Sundoro.

Warga Karanganyar di jakarta sendiri lebih dari 3.000 keluarga. Mereka sebagian besar berwirausaha di ibukota. Mereka inilah yang setiap tahun menyempatkan diri mudik bersama keluarga besarnya. Mereka selalu bersusah payah berebut tiket pulang.

‘’Ini yang membuat kita ingin membantu, kita jemput menggunakan bus AC sehingga perjalanan mereka selama sekitar 12 jam dari Jakarta nyaman dan aman sampai ke kampung halaman di berbagai pelosok di Lereng Lawu,’’ jelasnya.

Sementara itu, Bupati Juliyatmono mengatakan, tahun ini pihaknya masih emngizinkan para pejabat Karanganyar menggunakan mobil dinas dalam masa lebaran. Sebab kendaraan itu memang melekat dan dirawat oleh para pejabat.

‘’Mereka tidak ada yang mudik karena rumahnya semua di Karanganyar. Kalau mau digunakan keluar kota tentu ada izinnya, dan kita mengizinkan karena mobil itu juga bisa digunakan, yang penting di luar kedinasan, BBM-nya bayar sendiri. Mereka sudah tahu aturannya,’’ kata dia.

Kendaraan dinas pejabat semua dibawa pulang dan dirawat sendiri. Jika hanya digunakan di sekitar wilayah eks Karesidenan Surakarta atau Solo Raya, hal itu masih dianggap lumrah karena memang para pejabat tersebut sudah biasa berdinas di sekitar wilayah itu.

‘‘Kecuali yang ke luar kota, mereka pasti memilih naik pesawat, jarang naik kendaraan darat. Tetapi kalau terpaksanya naik kendaraan darat, mereka pasti izin dan biaya BBM dibiayai sendiri sehingga tidak masalah jika kendaraan dinas tersebut dipakai dalam masa lebaran,’’ ujarnya.

(Joko Dwi Hastanto/CN39/SM Network)

800 Warga Karanganyar Mudik Gratis Reviewed by on . [caption id="attachment_1080566" align="alignnone" width="400"] MUDIK GRATIS: Para pemudik gratis dari Jakarta tiba di Alun-alun dijemput Bupati dan Wabup. (sua [caption id="attachment_1080566" align="alignnone" width="400"] MUDIK GRATIS: Para pemudik gratis dari Jakarta tiba di Alun-alun dijemput Bupati dan Wabup. (sua Rating: 0