Senin , 1 Mei 2017

Home » Solo Metro » 34.000 KTP Belum Tercetak

34.000 KTP Belum Tercetak

- 22.000 Belum Rekaman

20 Maret 2017 10:20 WIB Category: Solo Metro Dikunjungi: kali A+ / A-
k, 22.000 Belum Rekaman

k, 22.000 Belum Rekaman

KARANGANYAR, suaramerdeka.com – Sebanyak 34.000 warga belum bisa mencetak KTP Elektronik sejak Oktober lalu. Proses pencetakan terhenti karena blangko E-KTP tidak lagi dikirim dari Jakarta. Karena itu semua hanya mendapatkan surat keterangan yang diberlakukan sama dengan E-KTP.

Suprapto, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Karanganyar mengatakan, keterangan dari Jakarta menyebutkan, blangko E-KTP masih menunggu proses lelang yang sampai saat ini belum selesai dan belum ada pemenang tendernya.

‘’Apalagi kemudian disusul dengan kasus korupsi yang kini ditangani KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) sehingga prosed tender semakin lambat. Daerah hanya bisa menunggu saja kapan prosesnya selesai dan bisa dikirim lagi blangkonya. Sebab masyarakat sudah menunggu.’’

Keluhan masyarakat yang hanya membawa surat keterangan, sering kali urusannya ditolak karena instansi atau lembaga tertentu mensyaratkan E-KTP. Bukan surat keterangan. Meski sudah dijelaskan surat keterangan itu menjadi pengganti E-KTP namun tetap tidak bisa diselesaikan.

Sementara itu selain 34.000 warga Karanganyar yang antre mencetak KTP, instansinya juga sibuk melakukan perekaman data warga, karena masih ada sekitar 22.000 warga yang sampai bulan ini belum melakukan perekaman data.

‘’Data warga yang usianya masuk 17 tahun, memang terus bertambah setiap hari. Sebab itu tidak mungkin perekaman ini selesai dan tuntas, karena pasti ada warga pemula yang masuk usia memperoleh KTP, dan wajib melakukan perekaman data,’’ kata dia.

Karena itulah pihaknya mencoba melakukan jemput bola dengan mendatangi sekolah, membawa alat perekaman data. Kepada siswa yang hari itu sudah masuk usia 17 tahun, atau paling tidak dalam bulan itu masuk usia itu, bisa dilakukan perekaman. Toh E-KTP barua akan dicetak kalau blangkonya sudah datang.

Dikatakannya, cara itu dilakukan agar proses pendataan bisa lebih cepat dan akurat, sehingga ketika dibutuhkan data berapa data warga yang masuk usia pemilih, karena sudah berusia 17 tahun, bisa langsung disajikan.

‘’Kami langsung bekerja sama dengan sekolah menengah di wilayah Karanganyar, sehingga kalau sekolah menyediakan waktu, kami langsung datang membawa alat perekaman data. Siapa siswa yang menginginkan direkam datanya, kami sudah siap.’’

Sementara itu warga yang datang ke Kantor Kependudukan dan Catatan Sipil juga masih terus datang. Mereka kebanyakan yang menanyakan blangk pencetakan, ada pula yang menginginkan surat keterangan.

(Joko Dwi Hastanto/CN19/SMNetwork)

34.000 KTP Belum Tercetak Reviewed by on . [caption id="attachment_981838" align="alignleft" width="362"] k, 22.000 Belum Rekaman[/caption] KARANGANYAR, suaramerdeka.com – Sebanyak 34.000 warga belum bis [caption id="attachment_981838" align="alignleft" width="362"] k, 22.000 Belum Rekaman[/caption] KARANGANYAR, suaramerdeka.com – Sebanyak 34.000 warga belum bis Rating: 0