Selasa , 27 Juni 2017

Home » Suara Pantura » 30 Orang Tertipu Biro Umroh di Kota Tegal

30 Orang Tertipu Biro Umroh di Kota Tegal

19 Maret 2017 21:00 WIB Category: Suara Pantura Dikunjungi: kali A+ / A-
BARANG BUKTI: Kapolsek Tegal Timur Kompol Moch Sahri (kanan) didampingi Kanit Reskrim Iptu Tarsono, memeriksa barang bukti berupa kwitansi pembayaran biaya ibadah umroh, sambil menunjukkan ke tersangka Dirut PT Nazuuroh Ijabah Utama, Wirawan Prasetya, Minggu (19/3).(suaramerdeka.com/Riyono Toepra)

BARANG BUKTI: Kapolsek Tegal Timur Kompol Moch Sahri (kanan) didampingi Kanit Reskrim Iptu Tarsono, memeriksa barang bukti berupa kwitansi pembayaran biaya ibadah umroh, sambil menunjukkan ke tersangka Dirut PT Nazuuroh Ijabah Utama, Wirawan Prasetya, Minggu (19/3).(suaramerdeka.com/Riyono Toepra)

TEGAL, suaramerdeka.com – Sebanyak 30 calon jamaah umroh, diduga tertipu biro perjalanan haji dan umroh PT Nazuuroh Ijabah Utama, yang membuka kantor di Ruko Sultan Agung Square, Ruko No 15, Jl Sultan Agung No 5, Kelurahan Slerok, Kec Tegal Timur, Kota Tegal. Dugaan penipuan dan penggelapan uang biaya untuk ibadah umroh itu, terungkap ketika sejumlah calon jamaah yang menjadi korban melapor ke Unit Reskrim Polsek Tegal Timur.

“Dari 30 korban penipuan dan penggelapan ini, yang melapor ada lima orang. Dua di antaranya, suami istri yang sudah membayar lunas biaya ibadah umroh sebesar Rp 50.000.000,-,” terang Kapolsek Tegal Timur, Kompol Moch Sahri, Minggu (19/3).

Dia mengungkapkan, kasus tersebut berawal pada Desember 2016. Saat itu sebanyak 60 orang calon jamaah umroh yang akan berangkat ke tanah suci berkumpul di Jakarta.

Tapi hanya 30 orang calon jamaah saja yang dapat diberangkatkan. Sisanya sebanyak 30 orang batal berangkat. Informasinya, karena uang biaya ibadah itu yang telah disetor digunakan direktur utama biro perjalanan tersebut untuk berbagai keperluan. Merasa malu karena sudah berpamitan dengan kerabat dan tetangga dekat untuk umroh, tapi batal, akhirnya 30 korban penipuan itu menuntut pengembalian uang yang sudah disetorkan.

Dirut biro perjalanan haji dan umroh PT Nazuuroh Ijabah Utama, Wirawan Prasetya (37) mengatakan, siap mengembalikan uang calon jamaah itu. Tapi minta tenggang waktu sampai akhir tahun 2016. Ternyata janji tersebut adalah palsu. Buktinya, saat ditagih Wirawan minta perpanjangan waktu pengembalian pada Februari.

Penguluran waktu itu, pun hanyalah modus. Sebab di waktu yang telah ditentukan tetap tidak bisa mengembalikan uang setoran tersebut.

Datangi Kantor

Sejumlah korban penipuan dan pengelapan sempat mendatangi kantor biro perjalanan umroh itu, dan hampir melakukan perbuatan anarkis. Tapi Kapolsek Tegal Timur Kompol Moch Sahri dan personelnya dapat mencegahnya. Kemudian berupaya keras melakukan mediasi agar uang korban dapat dikembalikan.

“Sampai batas waktu yang telah ditentukan, tak kunjung dapat mengembalikan uangnya, akhirnya para korban melapor ke Polsek Tegal Timur. Atas dasar bukti-bukti yang kami miliki, akhirnya Dirut PT Nazuuroh Ijabah Utama, Wirawan Prasetya (37), kami tangkap dan ditahan,” jelas Kompol Moch Sahri didampingi Kanit Reskrim, Iptu Tarsono, Minggu (19/3).

Dari hasil pemeriksaan penyidik, ternyata kerugian para korban penipuan dan penggelapan itu mencapai Rp. 739.700.000,-. Tersangka ketika dimintai keterangan penyidik mengaku uang tersebut telah habis digunakan untuk tambal sulap menutup utang.

Antara lain, untuk mengembalikan uang calon jamaah umroh lainnya yang batal berangkat dan telah digunakan untuk membeli tiket pesawat yang batal digunakan, serta keperluan pribadi lainnya.

“Kami hanya menyita barang bukti berupa kwitansi pembayaran biaya umroh dari para korban dan beberapa yang masih disimpan tersangka. Kalau mendengar pengakuan seperti ini, ada dugaan korbannya lebih dari 30 orang. Tapi belum melapor semuanya,” tandas Kapolsek Tegal Timur.
(Riyono Toepra/CN40/SM Network)

30 Orang Tertipu Biro Umroh di Kota Tegal Reviewed by on . [caption id="attachment_980901" align="alignnone" width="400"] BARANG BUKTI: Kapolsek Tegal Timur Kompol Moch Sahri (kanan) didampingi Kanit Reskrim Iptu Tarson [caption id="attachment_980901" align="alignnone" width="400"] BARANG BUKTI: Kapolsek Tegal Timur Kompol Moch Sahri (kanan) didampingi Kanit Reskrim Iptu Tarson Rating: 0