Minggu , 25 Juni 2017

Home » Suara Kedu » 17 Rumah Rusak Akibat Getaran Ledakan Mercon

17 Rumah Rusak Akibat Getaran Ledakan Mercon

20 Juni 2017 2:23 WIB Category: Suara Kedu Dikunjungi: kali A+ / A-
Warga menunjukkan plafon rumah yang jebol akibat getaran ledakan mercon di Dusun Sumelang, Desa Gemeksekti, Kebumen, Senin (19/6). (SM/Supriyanto)

Warga menunjukkan plafon rumah yang jebol akibat getaran ledakan mercon di Dusun Sumelang, Desa Gemeksekti, Kebumen, Senin (19/6). (SM/Supriyanto)

KEBUMEN, suaramerdeka.com – Sedikitnya 17 rumah dan satu Masjid Baitul Aminin di RT 06 RW 03 di Dusun Sumelang, Desa Gemeksekti, Kebumen mengalami kerusakan akibat getaran ledakan mercon, Senin (19/6). Tidak hanya itu, dua orang warga Dusun Watubarut bernama Tahrir (50) dan istrinya dilarikan ke rumah sakit akibat kaget suara ledakan.

Dari informasi yang dihimpun, peristiwa itu bermula saat Satuan Sabhara Polres Kebumen melakukan pemusnahan barang bukti petasan dan obat mercon di bekas penambangan batu padas di Desa Gemeksekti. Dalam pemusnahan sekitar pukul 10.15 itu, terjadi dua ledakan. Ledakan pertama tidak menimbulkan dampak dan ledakan kedua, getarannya berdampak pada kerusakan rumah warga sekitar.

Kondisi terparah dialami oleh Samin (62) yang hanya terletak 100 meter dari lokasi ledakan. Tak hanya kaca jendela rumahnya yang pecah, ternit rumah juga jebol di beberapa titik. Tak hanya itu, lantai rumahnya sampai pecah dan tembok rumah retak. Bahkan jendela yang rusak menimpa televisi.

“Ya, kami berharap kerusakan ini bisa diganti oleh aparat kepolisian. Apalagi sekarang akan Lebaran,” ujar Samin kepada Suara Merdeka saat ditemui di rumahnya.

Kepala Desa Gemeksekti Ngulumudin mengatakan, saat ini pihaknya masih melakukan pendataan jumlah rumah yang rusak akibat getaran ledakan mercon. Yang jelas kerusakan dampak getaran terjadi di tiga RT di Dusun Semulang. Pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak Polres Kebumen dan siap mengganti kerusakan yang dialami oleh warga.

“Kalau ledakan itu di luar dugaan bisa menyebabkan getaran yang berat,” ujarnya menyebabkan untuk warga yang dibawa ke rumah sakit ada riwayat penyakit jantung.

Kasat Sabhara AKP Krida Risanto mengatakan bahwa pemusnahan mercon tersebut dilakukan sesuai dengan prosedur. Namun pihaknya tidak mengira jika dampak getaran itu sampai mengakibatkan kerusakan rumah warga. “Semua kerusakan akan kami ganti semua,” ujar AKP Krida Risanto usai pertemuan dengan warga.

Adapun mercon yang dimusnahkan merupakan hasil operasi kepolisian. Sebelumnya pemusnahan juga digelar di halaman Mapolres setelah apel Gelar Pasukan Operasi Ramadaniya Candi 2017.

Petasan dan obat mercon dimusnahkan dengan cara dibakar di dalam drum yang berkekuatan tinggi (bomb basket). Sempat terjadi ledakan yang cukup keras saat pemusnahan yang mengagetkan pengunjung dan peserta gelar.

Kapolres Kebumen AKBP Titi Hastuti menyebutkan total barang bukti obat mercon yang disita 287 kg. Sedangkan mercon yang disita lebih dari 14.500 mercon berbagai ukuran. Adapun total tersangka sebanyak 24 orang. Yang terbesar memiliki 105 kg obat. “Meski saat ini sudah menurun, operasi akan kami terus lakukan,” ujarnya.

(Supriyanto/ CN34/ SM Network)

17 Rumah Rusak Akibat Getaran Ledakan Mercon Reviewed by on . [caption id="attachment_1080528" align="alignnone" width="361"] Warga menunjukkan plafon rumah yang jebol akibat getaran ledakan mercon di Dusun Sumelang, Desa [caption id="attachment_1080528" align="alignnone" width="361"] Warga menunjukkan plafon rumah yang jebol akibat getaran ledakan mercon di Dusun Sumelang, Desa Rating: 0