Sabtu , 25 Maret 2017

Home » Solo Metro » 131 Calon Bintara Tempuh Pendidikan Infanteri di Dodiklatpur

131 Calon Bintara Tempuh Pendidikan Infanteri di Dodiklatpur

20 Maret 2017 20:54 WIB Category: Solo Metro Dikunjungi: kali A+ / A-
CALON BINTARA: Para peserta pendidikan Kejuruan Bintara unjuk kebolehan saat upacara pembukaan pendidikan kejuruan bintara di Dodiklatpur, Senin (20/3).(SM/Merawati Sunantri)

CALON BINTARA: Para peserta pendidikan Kejuruan Bintara unjuk kebolehan saat upacara pembukaan pendidikan kejuruan bintara di Dodiklatpur, Senin (20/3).(SM/Merawati Sunantri)

KLATEN, suaramerdeka.com – Sebanyak 131 prajurit tamtama akan menempuh pendidikan Kejuruan Bintara Infanteri Abit Diktukba TNI Angkatan Darat tahun 2017. Mereka akan digembleng selama dua bulan, agar siap secara fisik dan mental untuk menjadi prajurit tempur.

Upacara pembukaan dipimpin Wakil Komandan Rindam IV Diponegoro Kolonel Inf Riswanto di Lapangan Candradimuka, Dodiklatpur Rindam IV Diponegoro di Desa Glodogan, Kecamatan Klaten Selatan, Senin(20/3). Tampak hadir jajaran Muspida, Asisten I Bidang Tata Pemerintahan Edy Hartanta, dan sejumlah perwira TNI AD di jajaran Rindam IV Diponegoro

“Kalian dibentuk menjadi prajurit infanteri yang akan berada di barisan terdepan dalam sebuah pertempuran. Infanteri yang langsung menduduki dan merebut sasaran,”  kata Riswanto usai membacakan sambutan Komandan Rindam IV Diponegoro, Kolonel Infanteri Mohammad Fadjar.

Menurutnya, materi keinfanterian harus betul-betul diresapi, karena seorang bintara adalah jendral di lapangan. Mereka mempunyai tanggung jawab terhadap regu.

“Peserta pendidikan bintara infanteri berasal dari pendidikan pertama dari latar belakang yang berbeda. Kalian tentara yang sudah jadi, jadi tunjukkan contoh yang terbaik dan harus lebih dewasa. Meski nanti sama-sam di regu, tapi kualitas akan menentukan siapa yang terbaik,” tegas Riswanto.

Dia berpesan agar jiwa juang dan semangat menjadi yang utama, namun harus memperhatikan faktor keamanan dalam setiap kegiatan. Diharapkan semua peserta akan menjadi jago tembak dan jago perang yang memilili fisik prima.

Dia mengingatkan bahwa para pelatih sudah mempunyai data awal waktu peserta masih di Secaba. Dia minta siswa untuk mempertahankan kemampuan di bidang akadamik mau pun jasmani, karena ke depan tantangan semakin berat. Prajurit tak boleh ketinggalan di berbagai bidang termasuk teknologi.

Komandan Dodiklatpur Rindam IV Diponegoro, Letkol Inf Rudi Firmansyah mengatakan, pendidikan infanteri akan berlangsung dua bulan dengan diikuti 131 peserta. Pendidikan untuk keperluan naik tingkat dari Tamtama menjadi Bintara. Mereka akan dibekali berbagai materi, taktik tempur hingga gemblengan fisik.
(Merawati Sunantri/CN40/SM Network)

131 Calon Bintara Tempuh Pendidikan Infanteri di Dodiklatpur Reviewed by on . [caption id="attachment_982299" align="alignnone" width="400"] CALON BINTARA: Para peserta pendidikan Kejuruan Bintara unjuk kebolehan saat upacara pembukaan pe [caption id="attachment_982299" align="alignnone" width="400"] CALON BINTARA: Para peserta pendidikan Kejuruan Bintara unjuk kebolehan saat upacara pembukaan pe Rating: 0