Selasa , 27 Juni 2017

Home » Suara Banyumas » 1.583 Tenaga Kependidikan Honorer Dicoret

1.583 Tenaga Kependidikan Honorer Dicoret

- Dari Daftar Usulan Penerima Kesra

20 Maret 2017 9:35 WIB Category: Suara Banyumas Dikunjungi: kali A+ / A-
Ilustrasi: Istimewa

Ilustrasi: Istimewaguru

PURWOKERTO, suaramerdeka.com – Sebanyak 1.583 orang tenaga kependidikan berstatus honorer atau wiyata bakti yang bertugas di SD dan SMP negeri di Kabupaten Banyumas, terpaksa dicoret dari daftar usulan penerima dana tunjangan kesra yang sumber pendanaannya dari APBD kabupaten tahun ini.

Awalnya Dinas Pendidikan setempat mengajukan usulan sebanyak 2.642 orang, namun setelah dilakukan verifikasi dan disesuaikan dengan ketersediaan anggaran, ternyata hanya ada sebanyak 1.059 orang yang bisa mendapatkan tunjangan tersebut. Dari jumlah itu, rinciannya sebanyak 794 orang tenaga kependidikan jenjang SD negeri dan 265 orang tenaga kependidikan jenjang SMP negeri.

Kabid Pengembangan Guru dan Tenaga Kependidikan (PGTK) Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas, Edy Rahardjo mengungkapkan, proses seleksi guru maupun tenaga kependidikan honorer dalam mendapatkan tunjangan kesra dilakukan secara ketat. Salah satu kriteria yang harus dipenuhi adalah masa kerjanya per Januari 2017 minimal harus sudah mencapai 3 tahun atau lebih.

”Ini harus dibuktikan dengan Surat Keputusan (SK) dari pihak sekolah atau komite sekolah. Namun lantaran setelah tahun 2005 sekolah tidak dapat mengangkat guru maupun tenaga honorer, maka SK tersebut berasal dari komite sekolah,” kata dia.

Selain tenaga kependidikan, lanjut dia, jumlah guru wiyata bakti/honorer yang diusulkan mendapatkan tunjangan kesra juga berkurang dari rencana awal. Bila usulan awal tercatat ada sebanyak 2.312 orang guru honorer jenjang SD dan SMP negeri, namun setelah dilakukan verifikasi ternyata hanya sebanyak 2.204 orang yang berhak mendapatkan dana tunjangan tersebut. Rinciannya sebanyak 2.069 orang merupakan guru honorer jenjang SD dan 135 orang guru honorer jenjang SMP.

”Selain masa kerjanya minimal 3 tahun, untuk guru honorer yang diusulkan mendapatkan tunjangan kesra juga harus mengajar mata pelajaran yang linier atau sesuai dengan Peraturan Bupati. Dalam peraturan itu disebutkan yang diutamakan untuk mendapatkan tunjangan kesra adalah guru mata pelajaran olahraga, pendidikan agama dan guru kelas,” jelas dia.

Perlu diketahui, anggaran yang dibutuhkan untuk membayar kesra guru wiyata bakti/honorer jenjang SD dan SMP negeri pada tahun ini mencapai sebesar Rp 11.613.200.000. Sedangkan anggaran kesra untuk tenaga kependidikan jenjang SD dan SMP sebesar Rp 2.719.200.000.

Meski jumlah guru dan tenaga kependidikan penerima kesra sudah pasti, namun sampai saat ini masih menunggu pengesahan Perbup (Peraturan Bupati) terbaru yang digunakan sebagai dasar hukum dalam penyaluran. ”Perbup tersebut sekarang sudah di meja Bupati. Harapan kami April tunjangan kesra ini sudah bisa disalurkan ke para guru maupun tenaga kependidikan honorer,” terangnya.

Edy menambahkan, mekanisme penyaluran tunjangan kesra tahun ini juga akan berubah. Bila sebelumnya kesra dibayarkan setiap semester sekali, tahun ini akan dilakukan setiap triwulan sekali. Adanya perubahan tersebut agar dana tunjangan kesra bisa segera dinikmati oleh guru honorer maupun tenaga kependidikan honorer.

Adapun besarnya dana kesra yang akan disalurkan ke guru honorer sebesar Rp 400 ribu/bulan/orang. Namun lantaran keterbatasan anggaran dana yang dimiliki pemkab, untuk kesra bagi tenaga kependidikan honorer hanya sebesar Rp 200 ribu/bulan/orang.

”Penyaluran kesra bagi guru dan tenaga kependidikan honorer SD akan dilakukan melalui masing-masing UPK (Unit Pendidikan Kecamatan). Sedangkan kesra bagi guru dan tenaga kependidikan honorer jenjang SMP akan dilakukan langsung ke masing-masing penerima,” tandasnya.

(Budi Setyawan/CN19/SMNetwork)

1.583 Tenaga Kependidikan Honorer Dicoret Reviewed by on . [caption id="attachment_484676" align="alignnone" width="400"] Ilustrasi: Istimewaguru[/caption] PURWOKERTO, suaramerdeka.com - Sebanyak 1.583 orang tenaga kepe [caption id="attachment_484676" align="alignnone" width="400"] Ilustrasi: Istimewaguru[/caption] PURWOKERTO, suaramerdeka.com - Sebanyak 1.583 orang tenaga kepe Rating: 0